Informasi, Teknologi, Tips dan Trik

10 Teknik memakai Kamera DSLR bagi para Pemula

January 10, 2018

Kehadiran kamera DSLR tentu saja membantu para pecinta fotografi untuk mengambil gambar dengan hasil yang lebih detil. kreatif, dan lebih tajam. Jenis kamera DSLR hadir dengan menawarkan banyak fitur dan inovasi terbaru. Bagi fotografer pemula, terkadang memerlukan sedikit adaptasi karena awalnya terbiasa menggunakan smartphone atau kamera saku untuk menyalurkan hobi mereka.

Untuk itu, penting sekali informasi cara menggunakan kamera profesional ini agar hasil fotonya lebih sempurna. Setiap merek kamera DSLR memiliki cara penggunaan tersendiri. Kali ini akan dibahas bagaimana cara menggunakan kamera DSLR Canon untuk pemula.

Kebanyakan pemula bingung melakukan pengaturan DSLR karena belum terbiasa atau tidak mengetahui. Berikut adalah cara mengatur kamera DSLR untuk pemula yang mudah untuk diikuti.

  1. Kenali tombol-tombol pada kamera DSLR

Saat kamu pertama kali memakai kamera DSLR, tentu merasakan ada perbedaan jika dibandingkan memakai kamera pocket. Kamera DSLR ini menawarkan lebih banyak fitur dan tombol daripada kamera saku. Kamu harus mempelajari semua ikon tombol dalam kamera DSLR agar kamu bisa memakai kamera tersebut secara maksimal.

Di setiap jenis atau tipe kamera biasanya akan ada tombol pengaturan yang sedikit berbeda. Jadi jangan malas untuk membaca manual book yang tersedia. Kamu harus mengetahui dimana tombol pengaturan ISO, White Balance, dan Autofocus.

  1. Mode shutter dan aperture

Cara menggunakan kamera DSLR yang perlu diketahui fotografer pemula bisa dimulai dari pemahaman tentang mode shutter dan aperture. Karena kedua mode ini sangat penting pada kamera digital. Pemakaian mode shutter dan aperture ini membuatmu lebih mudah memotret. Kamu juga dapat menggunakan manual mode yang berfungsi untuk memunculkan setting aperture maupun shutter yang bervariasi. Akan tetapi bagi pemula sebaiknya jangan terlalu mengandalkan mode manual.

  1. Kenali penggunaan White Balance

Persoalan yang kerap dijumpai para pengguna kamera digital newbie yaitu memotret dengan detail warna gambar kurang tepat. Karena itulah kamu harus mengenal white balance terlebih dulu agar kamera dapat memotret objek dengan warna yang menyesuaikan kondisi. Jangan sampai kamu memotret objek yang seharusnya berwarna biru, tapi hasil fotonya justru menjadi warna lain.

  1. Kenali penggunaan Histogram

Cara menggunakan kamera DSLR ini paling penting bagi para newbie, sebab komponen histogram sendiri merupakan komponen paling vital. Lewat penggunana histogram, kamu bisa mengetahui bagaimana hasil gambar objek menjadi lebih detail.

  1. Memahami fitur Automatic Exposure Bracketing

Fitur yang satu ini memang jarang dipakai, namun beberapa kamera yang memiliki fitur ini dapat membantu fotografer pemula agar dapat memotret objek dengan sempurna walaupun dalam kondisi pencahayaan yang terang.

  1. Melepas shutter

Cara menggunakan kamera DSLR bagi pemula ini juga tak kalah penting. Tombol shutter yang terdapat pada kamera DSLR tak bisa digunakan sembarangan. Kamu harus mengetahui bagaimana cara melepas shutter. Tak jarang menekan sebagian shutter justru dapat membuat fokus pada lensa. Untuk itu, kamu harus bisa memperkirakan kapan shutter dapat dilepas.

  1. Mengunci fokus

Mengunci fokus merupakan salah satu teknik yang wajib dipelajari oleh fotografer pemula. Kamu harus bisa mendapatkan focal length yang tepat sehingga gambar pun menjadi lebih fokus, entah itu untuk background maupun subjek. Jika kau salah melakukan penguncian fokus ini, bisa jadi hasil fotomu akan ngeblur.

  1. Menampilkan subjek dengan jelas

Sebuah gambar harus bisa membuat subjek yang jelas. Dengan begitu, ketika memotret, kamu harus memperhatikan aperture, pencahayaan maupun komponen yang lainnya. Lewat pengaturan yang pas, maka bentuk subjek pun tampak lebih mendalam dan lebih jelas.

  1. Memakai flash kamera

Untuk para pengguuna yang masih awam, memakai flash kamera terkesan sepele. Justru memakai flash kamera ini dapat memberikan kesan yang mendalam untuk sebuah foto. Kamu dapat memainkan pencahayaan agar subjek terlihat jelas. Akan tetapi, jika kamu salah memakai flash ini maka hasil foto pun akan terlihat terlalu terang.

  1. Ketahui Depth of Field pada foto

Cara menggunakan kamera DSLR yang benar bagi pemula yaitu dengan mengenal depth of field pada sebuah foto. Kamu dapat menciptakan depth of field lewat pengaturan kedalaman background. Selain itu, kamu bisa menciptakan background terlihat blur supaya subjek semakin terlihat menonjol.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply