4 Informasi Ini ‘Dicuri’ Oleh Google mungkin tanpa Anda Sadari

Menggunakan Google saat ini memang sangat menyenangkan. Kamu bisa menemukan informasi apapun yang mau kamu cari tanpa ribet. Tapi apa kamu tahu? Bahwa ada informasi dari diri kamu yang telah di ambil oleh Google. Fakta Google yang satu ini pasti membuatmu penasaran. Kira-kira apa saja ya informasi yang dimabil darimu? Yuk langsung cek di sini!

  1. Identitas Diri

Fakta Google yang ini pasti sudah kamu tahu, Google tahu loh identitas kamu. Enggak cuman orang tua kamu aja. Tapi Google juga tahu, siapa nama kamu, kapan kamu ulang tahun dan sebagainya. Selain itu dia juga tahu siapa saja yang berhubungan dengan kamu. Mau tahu enggak Google tahu darimana? Yap, dari akun gmail kamu.

Pastinya saat kamu mau bikin akun gmail akan ada form untuk mengisi biodata kamu kan. Nah itu dia, bagaimanapun juga Gmail adalah alat surat elektronik yang paling populer di dunia. Bahkan Google bisa menyimpan dan menganalisa data yang mencerminkan aktivitas kamu di dunia maya. Makanya enggak heran jika saat kamu mau kirim email lewat gmail misalnya, kamu baru tulis 2 atau 3 huruf pertama email tujuan kamu. Google udah bisa kasih suggestion siapa aja yang kamu maksud.

 

  1. Cara Berinternet

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sejak Google menjadi pilihan utama mesin pencarian internet. Tanpa kamu sadari,kamu sering banget menggunakan Google di segala alat elektronikmu, baik Smartphone atau PC. Di sinilah Google telah merekam dan mempelajari gaya atau kebiasaan kamu dalam berselancar di dunia maya. Ia juga membuat bentuk gambaran siapa diri kamu sebenarnya dari apa yang sering kamu cari di Google. Dari sinilah Google biasanya bisa menebak bagaimana selera kamu. Dan menempatkan iklan yang mungkin bisa bikin kamu tertarik. Mungkin fakta Google yang satu$ ini tidak membuatmu kaget ya.

  1. Google bisa tahu suaramu

Google tau loh suara kamu. Loh kok gitu? Apa jangan-jangan Google menyadap percakapan kita sehari-hari? Yah maksudnya bukan gitu, kalau seperti itu artinya Google melanggar hukum dong, karena telah melewati batas privasi seseorang. Ternyata alasan kenapa Google bisa tahu suara kamu, karena ia telah menyimpan copy an rekaman suara tersebut dari perintah suara yang kamu berikan saat menggunakan fitur Google Voice. Tapi kalo kamu gak suka rekaman suara kamu disimpan sama Google, kamu bisa menghapusnya via halaman pengaturan.

  1. Lokasi

Enggak cuman tahu kamu lagi dimana sekarang. Tapi juga tahu sudah kemana aja kamu. Tentunya dari layanan peta atau Global Positioning System milik Google Maps. Jika lokasi di smartphone diaktifkan, secara otomatis Google bisa melacak dan mengetahui history perjalanan kamu. Google juga bisa tahu kemacetan di suatu kawasan. Pernah kepikiran enggak Google tahu darimana?

Jadi Google tahu suatu kemacetan di suatu wilayah secara akurat dari data real time dan diambil dari ratusan pengguna diseluruh dunia. Baik itu pengguna Iphone atau Android yang mengaktifkan pengaturan jejak lokasi. Data yang terkirim ini membantu Google untuk membaca seberapa banyak jumlah kendaraan dan bagaimana kecepatan berkendara mereka.

Gimana? Meski kamu tahu kalau Google merekam data pribadi kamu. Tapi kamu enggak pernah ke bayangkan seberapa luas dan detail nya data yang terekam Google dari setiap detik kamu habiskan di dunia maya. Dengan mengetahui fakta Google ini mungkin kamu bisa lebih berwasapada saat berselancar di dunia maya. Oh ya kamu juga bisa memanfaatkan fakta Google untuk hal-hal baik yang akan menguntungkanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *