Informasi, Teknologi

5 Tools Pembuat Game Yang Tidak Perlu Ilmu Programing

February 28, 2018

Siapa yang tidak tertarik dengan game? Banyak kalangan masyarakat tertarik untuk memainkan sebuah video game. Mulai dari game yang ada di perangkat komputer maupun perangkan ponsel pintar atau smartphone semuanya memiliki penggemarnya masing – masing. Jenis atau genre game pun juga beragam mulai dari game RPG, Tycoon, Adventure, Action, Sport, dan yang sedang digandrungi saat ini adalah game bergenre MOBA.

Bagi kalangan pengembang perangkat lunak, hal ini menjadi suatu kesempatan yang bagus untuk membangun sebuah game yang menarik. Sehingga bisnis game menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Banyak dari kalangan gamer akhirnya tidak hanya puas dengan bermain game saja, namun juga berkeinginan untuk membuatnya juga. Sayangnya mereka terhalang oleh dengan adanya pemrograman. Pemrograman sendiri dipelajari oleh siswa SMK jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL) atau mahasiswa program studi tertentu, seperti teknik informatika maupun teknik elektro.

Tapi tunggu dulu, sekarang membuat game tidak perlu harus pintar dalam hal pemrograman. Realitanya sekarang ada tools atau software pembuat game tanpa harus tahu apa itu pemrograman. Lalu apa saja itu? Simak 5 tools pembuat game tanpa harus belajar pemrograman.

  1. Construct 2

Salah satu tools pembuat game tanpa pemrograman yang pertama adalah Construct 2. Kamu cukup mengandalkan drag and drop logika yang sudah tersedia di tools tersebut dan cukup memasukan semua aset seperti gambar dan suara yang pernah dibuat. Setelah di run game sudah tercipta dengan mudahnya. Construct 2 sendiri secara khusus untuk pengembang game 2D seperti game platformer.

Jika masih kebingunan dalam membuat game, Construct 2 juga menyediakan template. Hingga kamu cukup memasukan aset yang sudah dibuat sebelumnya. Pada template tersebut sudah tersedia logikanya, jika masih kurang kamu bisa menambahkannya. Jika tidak cukup masukan aset saja. Jadi kamu sangat dipermudah dalam membuat game 2D dengan construct 2.

 

  1. GG Maker

Seperti Construct 2 yang hanya berfokus pada game 2D saja, GG Maker bisa lebih dari itu. GG Maker selain bisa membuat game 2D maupun 3D. Maka dari itu jika tidak puas dengan membuat game 2D saja, kamu bisa membuat game 2D maupun 3D dengan GG Maker. Fitur menarik dari GG Maker ini adalah adanya Graphically Assisted Scripting. Fitur ini mampu menerapkan suatu  flow chart secara visual. Jika tekun, dengan menggunakan GG Maker juga akan membuatmu sedikit demi sedikit tahu cara kerja suatu pemrograman. Sehingga selain bisa membuat sebuah game, kamu juga akan mempelajari hal baru.

  1. Game Maker 8

Sama halnya dengan Construct 2, Game Maker 8 juga mengandalkan drag and drop. Tanpa harus tahu ribetnya pemrograman, Kamu juga bisa membuat game dengan sedikit lebih mudah dengan Game Maker 8. Fitur–fitur yang tersedia di tools ini antara lain editor, object game, room, dan path.  Kamu juga bisa dengan mudah mencari tutorial di Google tentang cara membuat game dengan Game Maker 8.

  1. TyranoBuilder Visual Novel Studio

Suka membuat presentasi dengan Microsoft power point? Jika iya, cobalah tools ini untuk membuat game. Drag and drop juga merupakan andalan TyranoBuilder Visual Novel Studio dalam membuat game. Cukup drag and drop pada layar yang tersusun seperti slide di Microsoft Power Point.

Menggunakan tools ini juga membuatmu berfokus pada pembuatan cerita sebuah game. Tapi, jika kamu pengguna mahir pemrograman dan ingin membuat game lebih professional lagi, TyranoBuilder Visual Novel Studio juga menyediakan fitur script untuk menulis kode program. Jadi tools ini bisa digunakan oleh kalangan paham pemrograman dan kalangan awam yang tidak paham pemrograman.

  1. Clickteam Fusion 2.5

Apakah kamu  jago membuat animasi? Jika jawabannya iya kamu pastinya sangat menyukai tools yang satu ini. Mengapa demikian? Tanpa harus mengimplementasikan logika, Clickteam Fusion 2,5  menggunakan fitur event frame by frame seperti membuat animasi dengan menggunakan Adobe Flash. Sama halnya dengan GG Maker, tools ini juga bisa digunakan untuk membuat game 2D maupun 3D.

Setelah pembahasan 5 tools tadi, apakah kamu semakin tertarik membuat sebuah game? Apalagi mimpi membuat gamemu sendiri tidak terhalangi oleh pemrograman lagi. Sarannya, sebaiknya buatlah game sebisamu namun dibuat semenarik mungkin. Jika sudah selesai, cobalah masuk perusahaan game. Jangan lupa lampirkan game yang pernah kamu buat sebagai portofolio.

Portofolio inilah yang membantumu agar kamu terliat pernah membuat sebuah projek game. Setelah kamu berhasil masuk ke sebuah perusahaan game, mulailah belajar disana. Sehingga tidak hanya mencari uang saja, namun kamu bisa menambah ilmumu. Sehingga pada akhirnya kamu bisa membuat game-mu sendiri yang lebih profesional dan tentunya bisa menghasilkan uang. Tidak hanya itu saja mimpimu juga bisa terwujud.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply