7 Hal Ini Mungkin Menjadi Pertimbangan Pasangan Belum Mau Menikah Walau Berpacaran Lama

Seringkali orang akan merasa heran saat mereka menjumpai pasangan yang sudah berpacaran dalam waktu yang sangat lama, namun masih belum menikah juga. Meski hal ini adalah keputusan mereka dan bukan urusan kita, tetap saja rasa penasaran itu akan selalu ada. Pertanyaan yang sering muncul biasanya adalah, “Sudah pacaran belasan tahun kenapa belum nikah juga, sih?”, “Kapan nikah?”, “Wah, pacarannya lama banget, keburu lunas deh KPR!”, “Yasudah sih kalian nikah aja, mau sampai kapan pacaran terus?”. Beberapa pertanyaan ini memang terdengar simple, tapi tau nggak sih kalau ternyata hal tersebut justru nggak sopan untuk ditanyakan lho, apalagi buat mereka yang belum kamu kenal dengan baik.

Biasanya kalau sudah menghadapi pertanyaan seperti ini beberapa pasangan akan merasa tersinggung, ada yang kesal, bahkan ada juga yang sudah merasa kebal dengan pertanyaan sejenis dan menganggapnya sebagai angin lalu. Bahkan ada juga yang menjawabnya dengan memberikan serangan balik dengan kalimat, “Emang mau bayarin biaya nikahnya?”. Baru deh, sang penanya akan diam seribu bahasa menghadapinya.

  1. Belum siap secara finansial

Alasan “belum siap” memang paling mujarab dan paling banyak diucapkan oleh mereka yang belum menikah padahal sudah berpacaran lama. Belum siap pun banyak jenisnya, dan yang paling sering adalah belum siap secara finansial. Kebanyakan pasangan takut menikah karena biayanya yang mahal. Well, sesungguhnya untuk menikah secara sah di kantor urusan agama (KUA) atau catatan sipil nggak memakan biaya yang besar, yaitu sekitar 750ribu saja. Hal yang membuat pernikahan terkesan mahal itu adalah pesta resepsi yang biasanya diadakan di gedung dengan tamu undangan mencapai ratusan bahkan ribuan orang, apalagi jika orang tua kamu adalah orang penting atau pejabat.

Belum siap secara finansial selanjutnya adalah masalah kehidupan yang akan dijalani berdua di masa yang akan datang. Pasti banyak kan yang akan bilang, “Mau kasih makan anak orang pakai apa? Biaya hidup sendiri aja mahal, apalagi kalau berdua?” Kebanyakan pasangan takut kalau nantinya mereka nggak bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan baik, entah karena penghasilannya yang kurang atau nggak bisa mengimbangi biaya hidup pasangan yang cukup besar (high maintenance). Meski ada saja yang bilang kalau rezeki pasti akan datang seiring berjalannya waktu, tetap saja alasan ini sering dijadikan tameng bagi mereka yang belum mau menikah.

  1. Belum siap mental

Kategori “belum siap” selanjutnya adalah belum siap secara mental. Kalau tadi masalah uang, kali ini masalah kemampuan diri seseorang mengenai apakah mereka bisa hidup bersama dengan orang lain, berbagi suka dan duka bersama, bangun pagi ada pasangan di sebelah mereka, harus bisa melayani sang suami, membahagiakan istri, dan berbagai pertimbangan lainnya. Pasangan yang sudah sangat lama berpacaran namun masih enggan untuk menikah ini biasanya karena masih ingin bebas bermain tanpa ada satu ikatan sakral yang membatasinya dan menghabiskan masa mudanya dengan berbagai hal yang menyenangkan.

  1. Masih belum yakin dengan pasangan

Meskipun terkesan klise, tapi alasan ini cukup masuk akal. Bisa saja seseorang hanya cocok dijadikan pacar, bukan sebagai suami atau istri yang akan menemanimu sampai akhir hayat. Lalu, kenapa masih saja pacaran? Mungkin saja butuh waktu yang cukup lama untuk meyakinkan diri, kan?

  1. Nggak disetujui orang tua

Alasan selanjutnya adalah karena nggak mendapat restu dari kedua orang tua. Namun, karena rasa sayang dan cinta yang begitu tinggi, akhirnya mereka tetap melanjutkan hubungan dalam waktu yang lama. Mereka sudah terlanjur nyaman dan nggak mau mencoba untuk mencari dan beradaptasi dengan orang lain. Tapi, bisa saja lho restu itu datang kalau kedua orang tua sudah pasrah dan nggak mau melihat anaknya pacaran terus menerus. Well, love wins!

  1. Beda keyakinan

Menyambung dari poin-poin sebelumnya, bisa saja suatu hubungan nggak mendapat restu dari orang tua karena berbeda keyakinan. Ini juga mungkin yang membuat seseorang merasa belum yakin pada pasangannya. untuk melanjutkan ke tahap yang lebih serius lagiHmm, kejadian ini pasti sudah sangat sering terjadi. Apakah kamu salah satunya?

  1. Masih mengejar karier

Ada juga yang menjadikan karier sebagai alasan pasangan untuk menunda pernikahan. Menurut mereka, pernikahan hanya akan memecah konsentrasi untuk mencapai karier yang diimpikan. Jika mereka sudah mencapai puncak kesuksesan, mungkin baru deh mulai terpikirkan rencana untuk menikah dan menghabiskan sisa hidup bersama orang yang dicintainya.

  1. Belum mengetahui visi di masa depan

They live for today. Biasanya sih yang beralasan seperti ini adalah pasangan yang masih sangat muda, jadi mereka hanya memikirkan hidup untuk hari ini saja tanpa ada rencana jangka panjang. Mereka masih belum tau nantinya akan menjadi apa dan apa yang akan mereka lakukan di masa depan.

 

Nah, setelah mengetahui beberapa alasan di atas, ada baiknya untuk nggak lagi menanyakan alasan mengapa seseorang belum juga menikah walaupun sudah menjalin hubungan yang cukup lama, ya! Biarkan hal ini menjadi keputusan mereka. Sebagai teman yang baik, cukup berikan dukungan dan menjadi pendengar yang baik jika mereka membutuhkan seseorang untuk bercerita dan memberikan saran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *