8 Tips Menyimpan Bunga Agar Tidak Cepat Layu

Menghias ruangan rumah dengan bunga segar pasti sangat menyenangkan. Warna-warni dan pesona bunga akan membuat ruangan makin semarak, wanginya pun tercium sampai kemana-mana. Namun sayang, seringkali bunga segar justru tidak awet dan mudah layu. Tentu ada cara simpan bunga segar biar tahan lama, berikut tips yang bisa kamu coba.

  1. Tempatkan di wadah yang bersih

Siapkan wadah atau vas bunga yang bersih. Adanya mikroorganisme di wadah yang kurang bersih justru memicu pembusukan pada bunga. Lebih baik, pilihlah wadah yang berleher lebar supaya bagian batang tidak terlalu erat.

  1. Gunakan air hangat

Taruhlah air hangat pada wadah yang sudah disiapkan untuk menaruh rangkaian bunga. Sesuaikan jumlah air supaya batang tidak terlalu tinggi terendam. Metode ini sering disebut pengerasan yang membantu untuk memperpanjang umur bunga yang baru dipotong. Molekul air hangat akan lebih cepat terserap saat bunga kehilangan kelembapan.

  1. Simpan pada suhu ruangan

Taruh bunga pada suhu ruangan yang normal. Jangan ditaruh di kulkas ya, sebagian orang beranggapan menyimpan bunga akan lebih awet jika ditaruh di lemari pendingin. Hal ini justru akan memicu pembusukan bunga lebih cepat dan akan mudah layu ketika bunga diletakan pada ruangan normal. Hindari juga ruangan ber-AC, karena pendingin ruangan akan mengeringkan udara dan bisa memperpendek umur bunga kamu.

  1. Buang daun dengan gunting

Membuang daun yang terendam air akan mengurangi resiko pembusukan bunga. Potong tangkai daun dengan gunting ya, supaya tetap terlihat rapi dan bekasnya tidak meninggalkan noda kecoklatan.

  1. Potong miring bagian batang bunga dengan pisau yang tajam

Cara simpan bunga segar tahan lama selanjutnya adalah dengan memotong miring batang. Hal ini dimaksudkan supaya memperluas batang dalam menyerap air. Hindari memotong dengan gunting, karena hasil kemiringannya jadi kurang baik. Sebaiknya gunakan pisau yang benar-benar tajam agar batang tidak menjadi rusak.

  1. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Menaruh bunga dekat pintu atau jendela? Sah-sah saja asal kamu perhatikan apakah bungamu terpapar matahari langsung atau tidak. Karena bunga tertentu sangat sensitif dengan sinar matahari. Sayang bukan jika bunga itu harus layu dalam sehari.

  1. Rutin mengganti air

Rangkaian bungamu sudah tertata rapi di vas? Jangan lupa untuk rajin mengganti airnya setiap hari dan ganti vas jika perlu. Air yang tergenang mudah dipakai oleh bakteri, jamur dan alga untuk bersarang dan berkembangbiak. Selain itu potong tangkai bunga 1 cm setiap hari supaya kesegaran bunga tetap terjaga.

  1. Jauhkan dari buah-buahan

Menaruh bunga dekat dengan buah di meja makan itu sebaiknya kamu hindari. Buah-buahan mengeluarkan gas etilen yang dapat mempercepat proses pembusukan bunga, jadi sebaiknya jauhkan bunga cantikmu dari buah-buahan ya.

 

Itu dia cara simpan bunga segar tahan lama yang bisa kamu terapkan, jadi nggak ragu lagi kan mau menghias ruangan dengan bunga segar. Ternyata caranya nggak sulit hanya dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam menjaga kesegaran bunga segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *