Cara Mudah Mengetahui Bahwa Hp Anda Terkena Virus!

Teknologi makin canggih, sama halnya dengan virus. Virus di hp memang merugikan penggunanya. Apalagi kalau data penting yang kita cari tiba-tiba hilang, duh repot deh. Mungkin sampai saat ini kamu juga nggak sadar apakah handphone-mu bersih dari virus atau malah banyak virusnya.

Sebenarnya nggak susah kok mengetahui virus HP, kamu bisa mengeceknya dengan langkah mudah berikut ini.

Performa ponsel lemot

Ponsel kamu lemot? Atau tiba-tiba nge-hang padahal lagi gak pake banyak aplikasi? Ini mungkin akibat virus yang sudah ada di HP. Coba dicek lagi apakah kamu suka mendownload aplikasi yang berisi cache yang berisi virus. Untuk masalah ini, cobalah clear cache di setiap aplikasi yang kamu download. Cara ini membantu untuk mempercepat performa ponsel kamu.

Kuota cepat habis

Kalau pemakaian paket internet kamu wajar tapi kuota yang tersedot sangat boros, mungkin virus sudah bersemayam di ponsel kamu. Virus jenis ini membuka halaman iklan secara diam-diam atau mengirimkan data ke server ke antah berantah. Kegiatan itulah yang bikin kuota kamu cepat habis tanpa disadari. Cobalah kamu lihat ke data ussage kamu dan lihat apakah ada aplikasi yang jarang kamu pakai tapi memakan banyak data. Kalau ada, sebaiknya cepat kamu hapus deh.

Baterai boros

Ini ada dua kemungkinan. Pertama memang baterai ponsel kamu yang bermasalah atau memang virus. Kedua, ada beberapa aplikasi yang terus berjalan tanpa kamu sadari. Pastilah memakan banyak daya baterai kalau kamu menjalankan banyak aplikasi. Dapat dicoba cek apa saja aplikasi yang kamu jalankan di Settings > Apps dan lihat apa saja aplikasi yang kamu sedang pakai. Lihat secara detail dan kalau ada aplikasi yang tidak kamu pakai, buru-buru di delete ya. Cara mengetahui virus hp yang ini bisa kamu lakukan kalau kamu sudah curiga dengan kondisi bateraimu yang sering habis.

Muncul iklan pop up tiba-tiba

Mengetahui virus hp yang paling mudah diketahui adalah dari iklan pop-up. Homescreen kamu tiba-tiba muncul iklan pop up? Hati-hati ya karena itu adalah virus. Iklan tersebut adalah jalan si hacker untuk masuk ke ponsel kamu. Virus ini bisa saja menyembuyikan atau menghapus data-data yang ada di ponsel kamu. Tapi kalau iklan pop up ini mucul pas kamu lagi buka situs, ini memang wajar ya tidak usah dicurigai.

Ponsel sering restart sendiri

Ciri-ciri lain ponsel kamu terkena virus yaitu ponsel kamu mati sendiri tanpa kamu matiin. Apalagi kalau kejadian ini sudah sering ponsel kamu alami. Kalau ini, virus sudah menyerang ponsel kamu dan menyebabkan ponsel kamu sering restart sendiri. Lebih parahnya jika proses restart ini memakan waktu yang lama, karena virus memakan waktu banyak dalam reboot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *