Informasi, Kuliner, Tips dan Trik

Ini Cara Mencuci Daging Qurban yang Tepat sebelum Diolah

July 21, 2018

Buyadalat – Mencuci daging qurban harus dilakukan dengan cara yang benar. Sebelum diolah, daging harus dicuci bersih terlebih dahulu untuk membasmi semua jenis bakteri yang mungkin ada di dalam daging. Mencuci daging tidak hanya cukup dengan diguyur air saja namun ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan.

Satu hal yang perlu anda ketahui sebelum membahas lebih lanjut soal pencucian daging qurban, anda tidak disarankan untuk mencuci jika daging akan disimpan di kulkas. Jika ingin disimpan di kulkas, maka daging lebih baik tidak dicuci dulu karena jika dicuci dan langsung disimpan justru akan membuat banyak bakteri berkembang di dalam daging.

Daging lebih baik dicuci ketika anda akan mengolahnya. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara yang tepat untuk mencuci daging agar kualitas daging tetap terjaga dan bakteri di dalam daging musnah sebelum anda mengolahnya.

Mencuci Daging Qurban

Berikut adalah beberapa cara mencuci daging qurban yang bisa anda praktikkan di rumah untuk mendapat daging yang higienis dan berkualitas :

1. Merendam Daging

Setelah disimpan di dalam freezer, maka daging akan menjadi beku. Sebelum dicuci, anda sebaiknya merendam daging pada suhu normal. Namun, akan jauh lebih baik jika sebelum direndam air, anda menyimpan daging di kulkas bagian bawah. Dengan begitu maka perubahan suhu yang dialami daging tidak terjadi secara drastis.

2. Cukup Sebentar Saja

Seringkali kita mencuci daging terlalu lama. Semakin lama proses pencucian biasanya kita akan berpikir bahwa daging akan menjadi semakin bersih. Pemikiran ini salah besar. Justru proses pencucian daging yang dilakukan terlalu lama bisa membuat tekstur daging menjadi terlalu keras.

Daging yang keras tentu tidak akan enak untuk dimakan apalagi kalau anak-anak juga akan mengonsumsi daging yang anda olah. Jadi, lebih baik cuci daging dalam waktu singkat tidak perlu berlama-lama.

3. Jangan Merendam

Lakukan perendaman hanya untuk mengembalikan suhu daging yang beku. Setelah daging lunak, lakukan pencucian dengan air mengalir dan jangan merendamnya kembali. Mencuci daging dengan cara direndam bisa membuat nutrisi daging menjadi hilang. Apalagi kalau anda merendamnya terlalu lama sebelum dimasak.

Merendam daging terlalu lama ketika dicuci juga bisa membuat penampilan daging menjadi tampak tidak segar. Warna daging menjadi pudar atau pucat sehingga ketika diolah nanti penampilan daging menjadi tidak menarik.

4. Jangan di Wastafel

Perlu diketahui bahwa ada banyak bakteri yang tinggal di wastafel. Jadi, pastikan untuk tidak mencuci daging di wastafel. Bakteri yang ada di wastafel bisa berpindah ke daging dan tentu saja akan membuat kualitas daging menjadi menurun. Kontaminasi bakteri juga akan membahayakan kesehatan tubuh jadi pastikan anda mencuci daging di tempat yang benar-benar bersih.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu anda perhatikan seputar proses pencucian daging. Mencuci daging dengan cara yang benar akan membuat kualitas daging menjadi baik dan teksturnya pun juga menjadi lebih lunak. Selain itu mencuci daging yang benar juga akan membuat tampilan daging tetap segar dan warna merah alaminya bisa lebih menarik selera. Tempat jual hewan qurban terpercaya juga berpengaruh dalam kesegaran daging.

Jangan hanya memperhatikan cara penyimpanan dan pengolahan yang tepat. Mencuci daging qurban juga harus dilakukan dengan teknik yang benar. Selain itu, ketika mengolah daging, pastikan juga semua peralatan yang anda gunakan dalam kondisi steril sehingga tidak akan ada kontaminasi bakteri yang terjadi pada daging.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply