Family, Informasi, Kesehatan

Ketahui! Ini 3 Penyebab yang Menyebabkan Sakit Mata pada Bayi

April 22, 2018

Buyadalat – Ketika bayi Anda baru lahir matanya akan mengeluarkan belekan yang merupakan proses keluarnya kotoran. Namun jika kondisi ini terus berlanjut dengan waktu yang lama berarti bayi Anda sakit mata. Anda bisa membeli salep mata untuk mengatasinya dengan menebus voucher ramadhan. Lalu, apa yang menjadi penyebab terjadinya sakit mata pada bayi?

1. Bakteri dan Virus Penyebab Utama Terjadinya Sakit Mata

Penyebab utama sakit mata pada bayi karena terkana infeksi virus terkontaminasi bakteri, dan juga terkena reaksi kimia. Infeksi yang terjadi pada bayi misalnya dikarenakan penyaki menular seksual (PMR) yang terjadi pada ibunya saat melahirkan, maka akan menginfeksi matanya.

 

Sakit mata pada bayi banyak sekali gejala atau kondisi yang terjadi pada matanya. Ada yang keluar kotoran terus menerus dari matanya. Gejala luarnya sering terlihat bengkak dan terasa nyeri saat ditekan. Bahkan ada beberapa kasus yang menyebabkan peradangan pada kornea matanya.

 

Sakit mata pada bayi juga didukung dengan beberapa kondisi yaitu ketuban yang pecah sebelum waktunya. Anda menjalani persalinan terlalu lama, atau terjadinya peningkatan organisme pada saluran vagina di masa terakhir kehamilan.

 

Jika hal ini tidak ditindaklanjuti dengan cepat maka akan menyebabkan kebutaan pada bayi Anda. Ada pun obat yang akan dokter berikan kepada Anda untuk mengatasi belekannya seperti tetrasiklin atau eritromisin.

2. Debu, Penyebab yang Ringan dengan Akibat yang Besar

Debu merupakan penyebab yang tidak kasat mata sehingga sangat memerlukan kewaspadaan Anda dalam menjaga bayi. Jangan memberikan debu untuk menginfeksi mata bayi Anda. Pastikan juga Anda mengamankan mata bayi dengan menggunakan kain yang bersih.

 

Gunakan kain yang lembut untuk melindungi matanya. Kain yang berkualitas tidak akan membuat iritasi pada kulit bayi yang bisa Anda dapatkan di Orami dengan voucher ramadhan. Anda juga sebaiknya tidak memegang mata bayi saat sedang melakukan aktivitas.

3. Terjadinya Penutupan Saluran Air Mata pada Bayi

Sakit mata pada bayi dengan mengeluarkan kotoran kuning bahkan hijau disebabkan karena terjadinya penyumbatan pada saluran air mata bayi. Fungsi saluran ini jika berjalan lancar adalah mengeluarkan air mata saat bayi menangis. Tersumbatnya saluran ini secara parsial yang terjadi karena proses yang tidak sempurna selama di dalam rahim.

 

Anda bisa mengatasi masalah ini dengan membersihkan bagian yang terus keluar di sudut mata dengan handuk yang bersih dan telah dibasahi air hangat. Bisa juga dengan memijat sekitar mata dengan lembut sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

 

Kondisi belekan pada bayi ini akan sembuh di usia satu tahun. Jika waktu terjadi telah lebih, maka Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter ahlinya. Sakit mata ini juga bisa disebabkan kekurangan asupan vitamin A saat ibunya hamil. Padahal asupan berbagai vitamin bisa didapatkan dengan voucher ramadhan yang sedang booming.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply