Kuliner Khas Malang Yang Pas Dijadikan Oleh-Oleh

Semarang dikenal sebagai Ibukota Jawa Tengah yang dipenuhi berbagai objek wisata bersejarah. Tidak hanya kaya akan peninggalan pahlawan-pahlawan bangsa Indonesia, tapi juga kaya akan wisata kuliner khas kota tersebut. Begitu banyak makanan khas Semarang yang selalu setia memanjakan lidahmu, baik saat berwisata atau sekedar urusan pekerjaan. Karena kelezatannya, pastinya kamu juga ingin membawa beberapa oleh oleh khas Semarang untuk keluarga dan teman tercinta, kan? Untuk itu, simak beberapa oleh oleh khas Semarang yang wajib dibeli berikut ini.

  1. Oleh-oleh khas Semarang, Lumpia

Lumpia Semarang merupakan makanan sekaligus oleh-oleh yang sangat terkenal. Ini jugalah yang membuat Semarang disebut sebagai kota lumpia. Makanan ringan satu ini dapat kamu temukan hampir di seluruh toko oleh-oleh di Semarang. Memiliki isian rebung, telur, ayam, dan udang, lumpia ini menjadi salah satu oleh-oleh makanan favorit wisatawan. Lumpia Semarang sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu lumpia goreng dan basah. Sebelum membelinya, kamu juga harus mempertimbangkan ketahanan lumpia tersebut dalam perjalanan pulang, ya!

  1. Wingko babad

Terbuat dari kelapa dan tepung ketan dengan rasa manis yang gurih, wingko babad juga menjadi oleh-oleh khas Semarang yang populer. Sayangnya, wingko babad ini kurang tahan lama sehingga harus cepat-cepat disantap. Salah satu wingko babat yang terkenal di Semarang adalah Wingko Babad Cap Kereta Api dengan beberapa pilihan rasa seperti cokelat, pisang, nangka, durian dan original. Selain datang langsung ke tokonya yang berada di Semarang Utara, tepatnya di Jl. Cendrawasih 14, Tanjung Mas, kamu juga bisa membeli wingko di berbagai toko oleh-oleh di Semarang.

  1. Bandeng presto

Makanan yang satu ini terbuat dari ikan bandeng yang dimasak dalam panci presto hingga durinya lunak dan dapat dimakan. Bandeng presto memiliki ketahanan yang beragam tergantung pilihan produk, ada yang hanya tahan 2-3 hari saja, dan ada pula yang tahan sampai 2 bulan jika disimpan dalam lemari pendingin. Salah satu bandeng presto yang terkenal adalah Bandeng Presto Juwana yang dapat ditemukan pada Jalan Pandanaran.

  1. Roti gandjel rel

Gandjel rel yang berarti pengganjal rel, merupakan salah satu roti klasik yang sudah ada sejak zaman Belanda. Walau kurang terkenal di kalangan wisatawan, roti ini merupakan salah satu makanan khas yang perlu dilestarikan. Selain di berbagai pusat oleh-oleh, kamu dapat menemukan roti jenis ini di Pasar Johar dan Waroeng Semawis. Dengan tekstur yang agak keras dan kasar, roti ini mungkin kurang menarik minatmu. Dengan rasa kayu manis yang kuat di dalamnya, roti ini sangat cocok untuk sarapan pagi dengan teh sebagai pendampingnya.

  1. Kue moaci

Kue moaci yang terkenal di kota Semarang adalah Kue Moaci Gemini dengan berbagai varian rasa seperti original wijen, durian, strawberry, coklat, pandan dan talas. Makanan ini terbuat dari tepung ketan dengan isi kacang tumbuk yang dicampur dengan gula atau karamel. Kue moaci ini umumnya dapat bertahan sekitar 1 sampai 2 minggu, sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Untuk dapat mencicipi rasa dari Kue Moaci ini, kamu bisa mampir ke tokonya yang ada di Jalan Kentangan Barat No 101.

  1. Wingkorolls

Oleh-oleh khas Semarang selanjutnya adalah wingkorolls. Wingkorolls ini merupakan salah satu kue kekinian yang merupakan bisnis milik artis, yaitu berupa gulungan lapis legit dengan wingko di dalamnya. Walaupun baru dirilis di tahun 2017, rasanya kue satu ini sangat patut untuk dicoba. Wingkorolls ini memiliki 5 pilihan rasa, yaitu peanut nougat, cheese, halzenut crispy, greentea cornflakes, cokelat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *