Berita, Bisnis, Informasi

Manfaat Didirikan TFIC, Salah Satunya Untuk Pengelolaan Industri Kehutanan di Royal Golden Eagle

August 24, 2018

Buyadalat – Perlu untuk kita ketahui bersama bahwa Indonesia memiliki luasan hutan sekitar 99.6 juta hektar dari jumlah total luas wilayah di negeri ini. Tidak hanya sangat luas, akan tetapi hutan yang ada di Indonesia ternyata juga menyimpan keberagaman hayati yang cukup besar sekali. Bahkan ada lebih dari 4 ribu jenis pohon yang ditanamn di hutan Indonesia, tetapi ada sekitaar 267 jenis pohon lagi adalah yang memiliki nilai ekonomi terbilang tinggi, seperti halnya jenis pohon kayu.

Sehingga tak heran jika pada akhirnya diperlukan pengembangan sumber daya manusia guna mengelola hutan di Indonesia dengan baik, juga perlunya tersedia informasi tentang pengelolaan, pembuatan kebijakan serta pengembangan ilmu kehutanan di negeri ini. Makanya, Sukanto Tanoto sebagai salah satu pendiri dari grup Royal Golden Eagle mendirikan TFIC atau Tanoto Forestry Information Center. Manfaat didirikannya Tanoto Forestry Information Center ini pastinya tak hanya berdampak positif bagi negara, masyarakat, iklim, tetapi juga bagi perusahaan sendiri. Namun untuk informasi lebih lengkapnya, mari simak rangkumannya di bawah ini.

Tanoto Forestry Information Center (TFIC) ini didirkan untuk bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk dijadikan sebagai pusat informasi kehutanan di Indonesia yang kemudian diharapkan akan digunakan oleh peneliti, mahasiswa, dan akademia. Dalam Tanoto Forestry Information Center tersebut tersedia akses ke jurnal internasional pula mengenai kehutanan, yang juga dilengkapi koleksi Institut Pertanian Bogor. Rencananya Tanoto Forestry Information Center ini juga akan dibuka untuk umum, tujuannya tak lain agar masyarakat luas bisa mendapat informasi tentang kehutanan.

Pastinya akan ada berbagai macam fasilitas yang ada di Tanoto Forestry Information Center. Pusat informasi kehutanan tersebut jadi tempat inkubasi pengetahuan serta ide – ide lewat penelitian, diskusi, maupun seminar. Tak hanya itu saja, tempat ini bahkan juga akan dijadikan sebagai ‘hub” yang bakal hubungkan Institut Pertanian Bogor dengan beberapa universitas lainnya, juga lembaga riset dunia di bidang kehutanan. Selaku pendiri dari Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto menjadikan tempat informasi tersebut sebagai wujud dari dukungannya terhadap upaya dalam pengembangan ilmu kehutanan yang ada di negeri ini.

Makanya diharapkan agar kerja sama dengan Institut Pertanian Bogor bisa berjalan dengan baik, bahkan yang demikian tersebut juga bisa jadi jalan dari kerja sama dengan beberapa perguran tinggi lainnya. Pada dasarnya peranan sektor dan juga industri kehutanan yang ada di Indonesia ini penting sekali bagi ekonomi negara. Untuk bisa lebih meningkatkan kontribusi sektor tersebut, maka Indonesia akan membutuhkan yang namanya orang – orang pandai di bidang kehutanan. Selain itu, Indonesia juga membutuhkan beberapa orang yang bisa gunakan dan kembangkan knowledge untuk kemudian diaplikasikan di bidang kehutanan.

Didirikannya Tanoto Forestry Information Center juga jadi langkah tepat untuk jadi instrument utama dari sebuah penelitian, analisis, serta menyusun pula beberapa langkah – langkah strategis yang dibutuhkan. Diharap agar Tanoto Forestry Information Center tersebut jadi “hub” untuk networking maupun kolaborasi antar pelaku kehutanan nasional dan kehutanan internasional. Melalui Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto memang tak hanya memberikan dukungan pada pengembangan infrastruktur saja, tetapi juga untuk pengembangan di bidang pendirikan, seperti riset kegiatan ilmiah non riset, serta pengembangan kolaborasi dengan institut.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply