Informasi, Life Style

Mengenal Teknik Dasar Pada Panjat Tebing yang Tepat untuk Pemula

May 29, 2018

Buyadalat – Olahraga ekstrim outdoor memang tak pernah sepi peminat, terlebih di dunia yang serba modern dan semuanya harus diabadikan seperti saat ini. Jika melihat langsung, maka bisa langsung diketahui ketika penggemarnya memang kian lama kian banyak karena aktivitas ini dianggap keren. Biasanya untuk aktivitas outdoor memang cukup beresiko sehingga peralatan yang harus dibawa pun cukup banyak. Salah satu aktivitas outdoor yang banyak digandrungi, terutama para anak muda adalah panjat tebing.

Mungkin untuk beberapa orang di luar sana, ketinggian adalah suatu hal yang menakutkan. Namun untuk pecinta alam yang ada di dunia, ketinggian hingga hal berbahaya lainnya adalah hal yang menyenangkan dan wajib ditaklukkan. Gunung menjadi salah satu bukti bahwa alam memang harus dijelajahi. Dengan adanya olahraga rock climbing ini, maka menjadikan para pecinta alam pun bisa menggapai puncak tebing yang ada di dunia.

Untuk para senior di olahraga rock climbing, maka memanjat tebing terjal nan berbahaya mungkin sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun hal ini berbeda sekali dengan para pemula yang mungkin masih takut untuk langsung rock climbing. Untuk itulah berikut ini beberapa hal yang harus dipahami pemula dalam rock climbing:

panjat tebing

1. Memanjat tebing indoor

Jika langsung memanjat tebing di gunung yang terjal masih terlihat menakutkan dan membahayakan, maka ada baiknya untuk pemanasan dan perkenalan bisa dilakukan di indoor. Biasanya memanjat tebing yang ada di indoor ini sebagai latihan untuk bisa latih kemampuan memanjat dan juga bentuk latihan seperti mendaki tebing sesungguhnya. Untuk pemula, Anda harus paham jika rock climbing ini bukan hanya menawarkan kenikmatan saat adrenalin terpacu, melainkan juga bahaya sehingga teknik juga harus dikuasai. Latihan fisik harus terus dilakukan sehingga lebih aman dan siap nantinya.

2. Temukan gaya sendiri

Dalam panjat tebing, tentu ada teknik untuk masing-masing pendakian. Anda harus bisa kuasai setidaknya teknik dasarnya. Namun seiring dengan perjalanan waktu nantinya, maka Anda akan bisa membuat atau menemukan gaya Anda sendiri yang memang pas untuk tipe tubuh dan kekuatan Anda mengingat setiap tubuh manusia berbeda.

3. Peralatan lengkap

Untuk bisa memastikan keselamatan, maka ada baiknya jika Anda tahu apa saja perlengkapan yang dibutuhkan dalam aktivitas rock climbing ini, seperti climbing shoes dimana peran sepatu pendakian menjadi hal yang penting dalam rock climbing. Alasannya karena sepatu pendaki ini berbeda dengan sepatu biasa dimana memiliki bagian karet sedikit lengket di dasar sepatunya sehingga bisa memberi kenyamanan saat nantinya Anda mendaki. Selain itu juga ada Karabiner yang merupakan alat rock climbing yang berfungsi untuk bisa kaitkan tali ke bagian hanger, tali ke bagian tali hingga tali ke harness dan masih banyak lagi. Harness adalah pakaian khusus pendaki dimana meliputi seluruh tubuh juga harus dikenakan.

4. Tahu teknik tali temali

Setelah memiliki semua peralatan untuk olahraga ini, hal lain yang wajib Anda tahu adalah tentang teknik dalam tali temali. Teknik ini sangat penting dalam rock climbing dan bahkan banyak juga yang menyediakan kelas khususnya. Hal ini lantaran tali menjadi penghubung keselamatan Anda selama rock climbing sehingga wajib untuk tahu.

Jika Anda membutuhkan semua peralatan panjat tebing, maka kini semuanya sudah bisa dipesan lewat situs belanja online. Dengan belanja online, tentu Anda akan kian dimudahkan.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply