Family, Informasi, Parenting, Tips dan Trik

Orang Tua Wajib Tahu! Tips Parenting agar Anak Tumbuh Mandiri

June 19, 2018

Buyadalat – Anda tentu ingin anak Anda tumbuh mandiri. Kemandirian memang penting untuk dimiliki setiap anak. Maka dari itu, orang tua perlu mendidik anak agar tumbuh mandiri sejak dini. Bagaimana caranya? Simak tips parenting berikut ini agar anak Anda tumbuh mandiri sejak dini.

Berikan Si Kecil Kebebasan

Bagaimana anak Anda bisa tumbuh mandiri jika Anda terus mengekangnya? Anda memang tak perlu memberikan kebebasan yang berlebihan. Akan tetapi, memberi si kecil kebebasan dengan mencoba hal-hal baru yang ia suka tentu baik untuk tumbuh kembangnya. Anda bisa memantaunya dari jauh untuk memastikan anak Anda tetap dalam pengawasan Anda.

Biasakan Si Kecil untuk Makan Sendiri

Apakah Anda termasuk orang tua yang mengejar anak kesana kemari untuk menyuapinya makan? Yuk, hentikan kebiasan tersebut! Anda harus mulai untuk membiasakan balita Anda makan sendiri. Dengan begitu, Anda juga dapat lebih produktif mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Biasakan Si Kecil untuk Menyuarakan Pendapat

Salah satu kesalahan orang tua adalah menganggap bahwa pendapatnya paling benar. Padahal, jika Anda ingin anak Anda tumbuh mandiri Anda harus bisa mendengarkan pendapatnya. Membiasakan si kecil untuk menyuarakan pendapat dapat melatih kemampuannya untuk berpikir kritis sehingga baik pula untuk perkembangan otaknya.

Anda bisa mulai memberikan kesempatan si kecil untuk berpendapat dari hal-hal kecil seperti menu makan siang atau warna baju yang ia ingin kenakan ketika hendak pergi. Anda bisa tanyakan “Adik ingin makan apa siang ini?” dengan begitu Anda sudah melatihnya untuk menyuarakan pendapat.

Beri Tahu Bahwa Ia Sudah Besar

Nah kata-kata “Adik kan sudah besar, jadi tidak boleh nakal lagi ya.” seringkali menjadi senjata para ibu untuk memberi nasihat anaknya. Tidak disangka-sangka bahwa cara ini adalah cara yang cukup efektif untuk mendidik balita, lho! Anda bisa lakukan cara ini sesekali ketika si kecil melakukan hal yang tidak baik.

Berikan Si Kecil Pujian

Biasakan untuk selalu memberikan apresiasi terhadap setiap hal yang anak Anda lakukan. Anda bisa memberikan apresiasi berupa pujian yang menyenangkan hatinya. Pujian sekecil apapun akan memberikan manfaat untuk kemandirian si kecil, lho! So, usahakan untuk selalu beri pujian terhadap karya yang dihasilkan si kecil seperti gambar atau apapun yang ia buat.

Beri Si Kecil Tanggung Jawab Sederhana

Tips parenting terakhir yang tidak kalah pentingnya untuk membuat si kecil belajar mandiri ialah beri anak Anda tanggung jawab sederhana seperti merapihkan mainan setelah bermain. Dengan begitu, anak Anda akan terbiasa untuk hidup mandiri dan tidak mengandalkan orang lain. Mudah sekali, bukan?

Nah, ternyata Anda bisa melatih anak Anda agar tumbuh mandiri sedari kecil, lho! Lakukan tips parenting di atas jika Anda mau anak Anda tumbuh mandiri. Orang tua yang cerdas adalah orang tua yang berhasil mendidik anaknya menjadi sosok yang mandiri. Yuk, biasakan anak hidup mandiri sedari dini!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply