Bisnis, Informasi, Properti

Strategi Mendapatkan Apartemen Murah di Jakarta

July 31, 2018

Buyadalat – Mendapatkan tanah kosong di Jakarta itu ibarat mencari jarum di dalam tumpukan jerami. Susahnya minta ampun. Kalau pun nanti Anda menemukannya, harga yang ditawarkan bisa selangit. Bahkan lebih mahal dari yang sudah ada rumah di atasnya. Akhirnya dengan sangat terpaksa, Anda harus mengurung niat beli tanah di Jakarta dan mencari alternatif lain yang jauh lebih mudah.

Salah satu alternatif yang bisa Anda dapatkan dan banyak ditawarkan oleh pengembang adalah apartemen. Mereka membangun banyak hunian secara vertikal yang bisa Anda beli dengan harga relatif murah. Selain itu, kawasan apartemen juga dekat dengan pusat keramaian sehingga memudahkan Anda dalam mengakses banyak hal.

Oh ya, kalau Anda berminat ingin membeli dan sedang mencari info jual apartemen  Jakarta pusat, simak strategi lengkapnya di bawah ini.

1. Lokasi yang Tepat untuk Harga yang Tepat

Lokasi apartemen menentukan harga jualnya. Kalau Anda membeli apartemen di kawasan jantung Jakarta, harga yang ditawarkan pasti akan selangit. Namun, kalau Anda beli di kawasan yang agak ke pinggir, harga yang ditawarkan mungkin saja akan lebih murah. Bahkan, selisih harganya bisa Anda gunakan untuk membeli perabot apartemen hingga lengkap.

Saat membeli apartemen, jangan berpatokan dengan lokasi harus berada di tengah kota. Mengalahlah sedikit ke kawasan pinggiran meski nanti Anda harus berangkat lebih pagi untuk pergi ke kantor. Asal akses apartemen ke tempat kerja Anda sangat mudah, tidak ada alasan lagi untuk tidak mempertimbangkannya.

2. Beli Sesuai dengan Kebutuhan

Sebelum membeli apartemen, Anda harus tahu kalau apartemen yang dijual itu ukurannya beraneka ragam. Biasanya, semakin besar ukuran apartemen, harga yang ditawarkan akan semakin mahal. Jadi, sesuaikan kebutuhan terlebih dahulu baru memilih jenis apartemen yang ingin dihuni. Jangan langsung membeli apartemen kalau nanti seluruh bagian ruangan tidak berfungsi dengan maksimal.

Tentukan terlebih dahulu berapa jumlah kamar yang Anda butuhkan. Kalau Anda hanya butuh dua kamar, jangan membeli apartemen yang memiliki tiga kamar. Selain masalah kamar, perhatikan juga fungsi ruangan lain di dalam apartemen. Kalau Anda tidak perlu ruangan tertentu, ya pilih apartemen dengan ruangan standar, tetapi memenuhi semua kebutuhan.

3. Mencari Harga Promosi yang Menarik

Untuk mendapatkan apartemen murah di Jakarta, Anda harus mengandalkan adanya event. Misal, saat ada pameran properti atau promosi yang diberikan oleh pengembang apartemen. Biasanya, harga yang ditawarkan jadi lebih murah sehingga anggaran yang Anda sediakan akan sisa cukup banyak.

Untuk mendapatkan promosi memang tidak begitu mudah. Biasanya event yang dilakukan selalu berbatas waktu. Namun, Anda bisa menyiasati hal ini dengan selalu memperhatikan web milik pengembang atau lembaga yang kerap mengadakan pameran. Biasanya dalam satu tahun ada beberapa kali pameran yang mengobral banyak promosi menarik. Manfaatkan dengan baik event ini untuk mendapatkan banyak pilihan menarik.

4. Perhatikan Fasilitas yang Diberikan oleh Apartemen

Fasilitas yang diberikan oleh sebuah apartemen juga memengaruhi harga dari apartemen yang akan Anda beli. Misal, apartemen yang memilih fasilitas taman, lapangan golf, dan kolam renang akan mematok harga yang tinggi. Anda akan tetap dianggap sebagai pengguna meski tidak membutuhkan dan menggunakan fasilitas itu.

Daripada Anda membayar apa yang tidak Anda gunakan, pilihlah apartemen dengan fasilitas yang standar saja, asalkan memperhatikan masalah keamanan dan kebersihan. Dengan fasilitas ini, Anda tetap bisa merasa aman dan nyaman saat tinggal plus harganya lebih terjangkau. Jadi, sebelum melakukan pembelian perhatikan hal-hal semacam ini untuk mendapatkan apartemen dengan harga termurah.

5. Teliti Terlebih Dahulu Masalah Tanah Apartemen

Meski menginginkan tanah yang murah, Anda juga harus memperhatikan status tanah yang digunakan oleh pengembang. Selama ini, tanah yang digunakan untuk apartemen ada yang milik pemerintah atau milik pengembang itu sendiri. Kalau tanah itu milik pengembang, Anda tidak perlu takut akan ada sengketa tanah suatu saat.

Kalau tanah itu milik pemerintah, Anda harus was-was. Pasalnya, kalau tanah itu diambil lagi oleh pemerintah, Anda harus pindah dari sana. Pihak pemerintah hanya akan membayar ganti rugi ke pihak pengembang. Anda akan diberi kompensasi oleh pihak pengembang dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Yang jelas Anda akan rugi besar.

6. Pilih yang Bisa Digunakan untuk Investasi

Salah satu alasan untuk membeli apartemen murah adalah adanya kesempatan untuk berinvestasi. Dengan harga yang terbilang murah, peluang Anda untuk mendapatkan untung cukup besar. Seiring dengan berjalannya waktu, harga apartemen yang Anda miliki akan meningkat cukup signifikan, terlebih kalau lokasinya strategis.

Kenaikan harga apartemen ini bisa Anda manfaatkan untuk mengambil keuntungan. Kalau Anda sudah memiliki pandangan ingin mencari peluang investasi lain, jual apartemen itu. Raih keuntungan dari selisih modal yang Anda tanamkan untuk membeli apartemen tersebut.

Demikianlah strategi mendapatkan apartemen murah di Jakarta. Semoga bisa Anda gunakan sebagai referensi sebelum membeli apartemen yang nyaman dan bisa dijadikan peluang investasi.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply