Informasi, Teknologi, Tips dan Trik

Tips Memilih Mesin Jahit Singer yang Tepat

October 3, 2018

Buyadalat – Kebutuhan rumah pasti ada peran mesin jahit. Selain karena antisipasi baju atau celana robek, juga bisa membuat baju sendiri untuk keluarga. Mesin jahit untuk kepentingan rumahan yaitu mesin jahit portable karena lebih mudah dan praktis. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, tapi mudah digunakan. Sebelum membeli mesin jahit singer ini berikut tips memilih yang tepat.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Anda harus mengetahui kebutuhan pemakaian mesin jahit tersebut. Selain itu, seberapa sering Anda memakainya. Jika hanya untuk sekadar hobi yang dilakukan tidak sering maka belilah yang biasa dengan harga murah. Kain yang akan dijahit juga menentukan jenis mesin jahit.

Misalnya Anda sering menjahit kain yang sifatnya keras seperti jeans sebaiknya membeli mesin jahit yang berkualitas seperti Heavy Duty dengan kisaran harga 5 juta. Sedangkan untuk menjahit kain tipis dan lemas bisa menggunakan jahit entry level.

2. Sesuaikan dengan Budget

Anda harus bisa jujur dengan diri sendiri tentang budget. Merek biasanya menentukan harga mesin jahit. Setelah menyesuaikan kebutuhan, Anda harus menyesuaikan yang yang dimiliki. Jadi, belilah mesin sesuai kemampuan Anda.

Jangan memaksakan untuk membeli mesin jahit mahal jika budget tidak sampai. Jika Anda menargetkan membeli mesin jahit A misalnya, sebaiknya menabung dulu hingga mencapai batas yang diinginkan. Anda bisa menyisihkan uang gaji setiap bulan kemudian setelah terkumpul bisa digunakan membeli mesin jahit yang diimpikan.

3. Pilih Hanya Brand Terpercaya

Setiap barang elektronik, perabotan, bahkan aksesoris rumah semuanya punya brand unggulan di pasaran. Sebaiknya Anda memilih brand yang memang sudah lama dipercaya masyarakat dengan kualitas produknya. Jangan sampai dengan tergiur harga murah, Anda memilih brand baru yang kualitas produknya belum jelas.

Kalau rusak tidak ada tempat service yang mau menerima. Ini akan menjadi kesulitan bagi Anda. Selain itu, tidak adanya kantor wilayah di daerah Anda akan membuat sulit mencari sparepart jika ada komponen yang harus diganti. Mesin Jahit Singer dari brand ternama misal Medisnya, Singer, Janome, Juki and Brother.

4. Sesuaikan dengan Lokasi Tinggal

Sesuaikan tempat service atau galeri center brand yang Anda beli ada di kota tempat tinggal. Hal ini akan mempermudah saat terjadi kerusakan maupun komplain lainnya. Jika tempat tinggal Anda sulit mencari brand tersebut, sebaiknya cari aman dengan memilih brand umum di sekitar tempat tinggal. Hal ini untuk menghemat biaya ke kantor service.

5. Jangan Lupakan Kartu Garansi

Jika membeli di toko yang terpercaya maka Anda akan mendapatkan kartu garansi. Kartu ini sangat berguna jika terjadi sesuatu pada mesin jahit Anda. Pastikan juga ada manual book dalam bahasa yang Anda kuasai. Jika tidak mendapatkan kartu garansi, Anda bisa menanyakan pada tokonya kenapa tidak ada kartu garansi.

6. Sesuaikan Ukuran

Selain semua hal tersebut Anda lakukan, ada hal penting yang menjadi tips memilih mesin jahit yaitu ukuran. Jika Anda memiliki tempat khusus mesin jahit maka hal ini tidak perlu diperhatikan. Sebaliknya, jika rumah Anda kecil dan hanya ada meja kecil untuk tempat mesin jahit, sebaiknya pilih ukuran yang kecil atau sedang. Hal ini juga untuk keefektifan ruang.

Mesin jahit singer memang memiliki kualitas yang bagus. Namun tidak semua brand memiliki kualitas tinggi. Sehingga perlu melakukan pemilihan yang tepat agar tidak menyesal. Anda harus jeli dalam memilih dari segi kualitas. Jangan tergoda dengan tawaran harga yang tidak masuk logika. Sebaiknya belilah mesin jahit sendiri di blibli.com, bukan melalui perantara orang lain.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply