Informasi, Kesehatan, Tips dan Trik

5 Cara Ampuh Agar Haid Lancar dan Teratur

August 26, 2019

Buyadalat – Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda tergantung pada kondisi kesehatannya. Tidak jarang beberapa wanita mengeluh karena haid atau menstruasinya tidak teratur. Normalnya, haid akan datang 21-35 hari sekali. Haid dikatakan tidak teratur ketika jadwalnya datang lebih cepat atau lebih lama dari yang seharusnya. Untuk membantu melancarkan haid agar menjadi normal kembali, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Ada beberapa cara alami maupun obat-obatan untuk melancarkan siklus menstruasi. Cara pengobatannya cukup bervariasi mulai dari istirahat dan minum air putih yang cukup, makan makanan sehat, hingga menggunakan obat.

siklus menstruasi

1. Konsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat memang sangat dianjurkan bagi siapapun. Buah-buahan seperti pepaya, mangga, dan nanas dapat menjadi makanan perangsang menstruasi. Cobalah untuk mengkonsumsi jus pepaya dua kali sehari atau meminum campuran air madu hangat.

Selain pepaya dan madu, Anda juga bisa mengkonsumsi batang seledri dan daunnya, karena kandungan apiol dalam seledri dapat merangsang kontraksi rahim. Seledri sendiri juga dapat merangsang aliran darah pada daerah panggul dan rahim sehingga dipercaya dapat mempercepat jadwal menstruasi. Dan satu hal yang paling utama adalah mengkonsumsi banyak air putih setiap hari.

2. Menjaga Berat Badan dan Olahraga

Berat badan juga mempengaruhi siklus menstruasi. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan jaringan lemak berlebih menghasilkan estrogen. Estrogen tersebut dapat mengganggu ovulasi dan dapat lebih merangsang dinding rahim sehingga menstruasi berat dan sering. Sedangkan pada wanita yang kurus, kadar estrogen tidak terlalu banyak sehingga haid tidak teratur.

Aktivitas fisik juga mempengaruhi siklus menstruasi. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan 30 menit sehari, dengan aerobik, jalan cepat atau naik turun tangga. Selain olahraga tersebut, sit up dan yoga juga dapat membantu melancarkan siklus menstruasi.

3. Kendalikan Stress

Salah satu penyebab menstruasi tidak teratur adalah stress. Cobalah untuk relaksasi dengan melakukan sedikit gerakan yoga. Yoga dapat membantu mengendalikan kadar hormon dan melemaskan otot-otot yang tegang. Mandi dengan air hangat juga dapat membantu peredaran darah lebih lancar sehingga siklus menstruasi dapat kembali normal.

4. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C dapat membantu menghasilkan estrogen dalam tubuh yang dapat membangun lapisan rahim dan memuat kontraksi sehingga siklus menstruasi muncul. Untuk mengembalikan siklus menstruasi, Anda memerlukan dosis 3000 mg vitamin c selama 3 hari melalui suplemen atau sumber lain seperti buah jeruk, lemon, teh hijau, atau jambu biji. Pastikan Anda tidak hamil saat mengkonsumsi Vitamin C dosis tinggi karena dapat berisiko keguguran janin. Vitamin C dosis tinggi juga memiliki efek samping seperti diare berat atau batu ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

5. Konsumsi Pil KB

 Beberapa dokter menyarankan untuk mengkonsumsi pil kontrasepsi secara teratur sebagai salah satu cara mengatur siklus menstruasi, terutama bagi wanita penderita PCOS (Sindrom ovarium polikistik). Penggunaan pil KB dapat mengendalikan hormon estrogen, progesteron, dan androgen dalam tubuh. Selain itu pil KB juga dapat mengendalikan jerawat dan pertumbuhan rambut berlebihan.

Nah, sekarang sudah lebih paham bukan untuk mengatasi siklus menstruasi? Pastikan juga Anda memiliki gaya hidup sehat agar siklus menstruasi datang teratur tanpa rasa sakit.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply