Informasi, Kesehatan

Apakah Layanan Rapid Test di Rumah Kurang Efektif? Berikut Penjelasannya!

November 23, 2020

Buyadalat – Di tengah pandemi covid-19 yang semakin buruk dan juga banyak menelan korban, sudah banyak sekali berbagai macam langkah atau tindakan pencegahan yang dilakukan oleh pihak pemerintah Indonesia. seperti salah satunya adalah dengan memberikan layanan rapid test. Sejak corona mulai masuk ke Indonesia pada bulan februari lalu menjadi salah satu bukti bahwa setiap bulan kondisi Indonesia memang sedang tidak baik-baik saja. Terjadi berbagai macam krisis yang ada di setiap lini kehidupan masyarakat. Karena memang corona tidak hanya menyerang sisi kesehatan saja. Tetapi juga banyak memberikan pengaruh pada segi ekonomi masyarakat. Untuk itu, sebagai salah satu tindakan awal yang dilakukan pemerintah adalah dengan cara memberikan layanan rapid test di rumah.

rapid test covid 19

Untuk sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah banyak yang tahu dan paham sebenarnya apa yang menjadi tujuan dari adanya layanan tersebut. Untuk apa dan bagaimana manfaatnya. Jadi mungkin yang belum tahu bisa dibahas sedikit mengenai apa itu layanan rapid test. Jadi layanan rapid test adalah salah satu bentuk pemeriksaan darah yang nantinya bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk indikasi yang menunjukkan bahwa apakah di dalam tubuh seseorang yang sudah diambil sampel darahnya tersebut terdapat kandungan virus corona.

Corona memang masuk dalam salah satu wabah yang tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Kesannya memang tidak terlalu buruk akan tetapi jika tidak mendapatkan penanganan yang serius maka yang akan terjadi adalah hal-hal yang cukup fatal yakni bisa sampai kematian. Dan untuk itu, apakah layanan rapid test yang bisa dilakukan di rumah seperti yang sudah dijelaskan di atas akan sangat efektif untuk mengetahui apakah tubuh sudah tertular virus corona atau belum? Atau mungkin sebaliknya. Lalu banyak yang menyebutkan bahwa rapid test di rumah itu sebenarnya kurang efektif? Apakah benar demikian? Berikut penjelasannya:

  • Sebenarnya baik layanan rapid test yang dilakukan di rumah atau di rumah sakit atau klinik kesehatan sekalipun maka hasilnya akan tetap sama jika memang di dalam tubuh Anda memang ada atau sudah terkontaminasi virus corona. Jika memang benar maka biasanya hasil rapid akan menunjukkan reaktif. Tetapi meski demikian jangan salah, biasanya meski hasil reaktif belum tentu pasien yang bersangkutan juga positif corona. Untuk itu, memang penting untuk dilakukan lagi yakni swab test supaya hasil bisa maksimal.
  • Selain itu, banyak juga yang menyebutkan bahwa sebenarnya layanan rapid test covid 19 ini memang tidak bagus untuk mengetahui hasil test corona secara tepat. Karena apa? Jika dilakukan sekali dan hasilnya reaktif bisa jadi di dalam tubuh memang ada virus lain. Jadi dalam 2 minggu memang akan dilakukan lagi rapid test yang nantinya akan menunjukkan hasil. Jika sudah reaktif maka akan dilakukan swab test sehingga hasilnya lebih akurat.

Di atas adalah beberapa informasi dan pengetahuan serta pengertian secara lebih mendalam mengenai layanan rapid test di rumah. jadi seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwasanya meski dilakukan di rumah atau bahkan di rumah sakit sekalipun hasilnya akan tetap sama. Jika reaktif tetap akan reaktif. Tetapi memang dengan catatan bahwa Anda saat melakukan rapid test tersebut memilih tenaga medis dan rumah sakit atau klinik yang sudah menjadi rujukan pemerintah. dengan begitu maka akan lebih aman dan terpercaya hasilnya.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply