Family, Parenting, Pendidikan

Apakah Les Anak, Baik Bagi Perkembangan dan Tumbuh Kembang Anak

September 28, 2019

Buyadalat – Tidak orang tua yang ingin menjerumuskan anak ke hal buruk. Orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Salah satu caranya dengan memberikan les pada anak. Bahkan ada orang tua yang memberikan les anak sejak kecil. Walaupun anak tersebut belum sekolah. Biasanya memberikan materi les untuk meningkatkan kemampuan motoriknya. Seperti menggambar, menyanyi, piano dan lainnya. ada juga yang memberikan les membaca, berhitung dan lainnya. lalu sebenarnya, apakah les baik untuk tumbuh kembang anak.

les gambar

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Memberikan Les Pada Anak

Sebenarnya tidak ada waktu yang jelas untuk memberikan les pada anak. Karena harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Ada banyak jenis les yang bisa diberikan ke anak. Entah itu les memahami pelajaran akademik atau les melatih bakatnya. Tidak ada yang melarang untuk memberikan les anak sejak kecil. Namun anda harus menyesuaikan jenis les dengan kemampuan anak. Untuk anak dibawah 6 tahun, cukup berikan les yang berhubungan dengan perkembangan motorik atau kognitifnya. Karena umur itu, masih suka bermain.

Sedangkan untuk anak yang sudah masuk sekolah. Sesuaikan dengan materi yang tidak ia pahami. Sehingga bisa meningkatkan kemampuan belajarnya. Jangan memberi materi les terlalu banyak. sisihkan waktu bermain anak, supaya anak tidak merasa stress. Apalagi dia sudah mendapatkan pembelajaran penuh di bangku belajar. Les hanya digunakan sebagai pendamping saja.

Hal Penting Sebelum Mendaftarkan Les Anak

Ada tiga hal penting yang harus anda perhatikan sebelum mendaftarkan les pada anak anda. Yaitu:

  1. Orang tua bisa mendaftarkan anak les, jika anak tersebut sudah siap. Tanyakan terlebih dahulu tentang kesiapannya
  2. Orang tua harus tahu tujuan apa yang ingin dicapai dengan mengikuti anak les
  3. Orang tua harus bisa memilih jenis les apa yang sesuai dengan kemampuan usia si kecil.

Jenis Les Yang Boleh Diberikan Pada Anak Pertama Kali

Anda harus memilih jenis les pertama kali yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Sehingga les tersebut tidak membuat anak tertekan atau terbebani. Misalnya anak suka menggambar, anda bisa memilih les gambar. Bisa juga memilih les menyanyi, menari, bermain piano dan lainnya. untuk anak yang sudah bersekolah, pilihlah sesuai dengan kesulitan yang dia alami. Orang tua harus bisa menyesuaikan jenis les dengan perkembangan dan kebutuhan anak. Sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk anak

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari memberikan les pada anak. Jika memberikan sejak dini,bisa membantu menggali minat dan bakatnya. Selain itu bisa membantu tumbuh kembangnya semakin baik. jadi tidak ada salahnya untuk memberikan les anak sejak dini. Asalkan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anak.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply