Informasi, Otomotif, Tips dan Trik

Beberapa Komponen Sparepart Motor Yang Perlu Dirawat

April 8, 2019

Buyadalat – Sparepart merupakan suatu komponen terpenting untuk kendaraan. Sparepart memiliki lebih dari satu komponen yang berfungsi untuk alat berat tanpa sparepart motor tidak akan dapat digunakan. Kita perlu menjaga spare part agar terhindar dari kerusakan, jika sparepart sudah mulai rusak maka perlu untuk mengganti sparepart dengan yang memiliki kualitas terbaik.

Dimana setiap sparepart kendaraan itu memiliki fungsi yang berbeda-beda dan juga bisa berpisah ataupun bergabung dengan sparepart lainnya. Contohnya saja busi motor yang berfungsi sebagai pengubah tegangan listrik yang akan membuat percikan api dari koil untuk membakar semua campuran bahan bakar. Bicara soal sparepart kali ini, kami akan memberikan sedikit informasi tentang komponen sparepart sepeda motor. Simak terus ulasan berikut ini!

  • Ban

Sumber: semisa.com

Ban merupakan suku cadang terpenting dari sepeda motor karena ban berfungsi sebagai benda untuk menjalankan sebuah motor. Jika tidak ada ban maka motor tidak akan bisa berjalan.  Ban memiliki 2 jenis yakni, ban tubles dan ban biasa. Dan kami sarankan untuk membeli ban berkualitas terbaik serta memiliki masa pemakaian sekitar 1 sampai 2 tahun, jika ban sudah merasa tidak enak coba untuk mengganti ban tersebut karena akan membahayakan anda dan orang sekitarnya.

  • Oli

Sumber: Federal oli

Oli merupakan bagian sparepart motor yang terpenting karena berfungsi sebagai pelumas dan pendingin mesin motor. Jika oli sudah berwarna hitam kental maka anda harus cepat menggantinya, jika tidak mengganti mesin akan mengalami kerusakan. Ketika mesin motor sudah mulai rusak maka anda perlu biaya mahal untuk memperbaikinya.

  • Kampas rem dan tali rem

Sumber: Shopee.co.id

Rem adalah sparepart  yang sangat penting untuk setiap kendaraan. Rem berfungsi sebagai  pengendali laju kendaraan. Jika sebuah kendaraan tidak mempunyai rem maka akan sangat membahayakan bagi diri sendiri dan orang lain. Untuk itu anda harus selalu perhatikan kampas rem dan tali rem setiap satu bulan sekali.

  • Busi

Sumber: Liputan 6

Busi berfungsi sebagai pemantik api, sehingga dengan adanya busi, motor dapat melakukan pembakaran bahan bakar sehingga motor dapat dijalankan. Selain itu, Anda harus menyediakan busi cadangan di dalam jok motor agar ketika motor mengalami mogok secara tiba – tiba anda bisa menggantinya sendiri tanpa harus repot mencari bengkel terdekat. Busi juga dibagi beberapa macam yaitu:

– Busi Standar

Busi ini merupakan busi asli dari motor, di bagian ujung elektrodanya terbuat dari nikel busi standar dan ketahanannya tergantung dari pemakaian. Busi ini bisa mencapai 20 ribu km, serta mudah dicari di berbagai bengkel.

– Busi Racing

Busi racing memiliki diameter center elektroda yang cukup kecil , dan ketahanan dari busi racing ini bisa mencapai 30 ribu km. Busi ini memiliki desain dengan bahan yang tahan terhadap kompresi tinggi dan temperatur mesin yang tinggi sehingga dapat mengimbangi pemakaian full throttle dan deceleration.

– Busi Iridium

Kemudian ada busi iridium yang biasa di aplikasikan untuk tuner mesin non standar dan diameternya 0,6 mm-0,8 mm. Umur busi sekitar 50 ribu hingga 70rb km.

  • Karburator

Sumber: Jakartanotebook

Jika anda memiliki motor yang masih menggunakan karburator maka anda harus sering membersihkan karburator ini setiap satu bulan sekali. Karena karburator berfungsi sebagai pengatur transmisi bahan bakar agar kendaraan bisa berjalan dengan lancar.

  • Tali gas

Sumber: Shopee

Tali gas adalah sparepart paling penting untuk kendaraan. Jika tali gas putus ketika sedang berada di perjalanan maka akan membahayakan anda karena hal ini bisa membuat kendaraan menjadi tak terkendali. Itu sebabnya anda harus melihat kondisi tali gas setiap saat, agar kita dapat mengetahui apakah tali masih dalam keadaan bagus atau tidak.

  • Aki Motor

Sumber: monotaro

Aki adalah bagian paling penting untuk kendaraan, karena semua pasokan listrik dari aki akan berfungsi untuk menyalakan kendaraan tanpa dibantu alat apapun. Aki biasanya memiliki umur 2 sampai 3 tahun. Aki akan soak jika ada tambahan aksesoris yang berlebihan dan bisa membuat daya tahan aki berkurang

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply