Informasi, Life Style, Otomotif

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Bohlam LED untuk Lampu Mobil

December 19, 2020

Buyadalat – Lampu pada mobil memiliki peranan yang cukup penting. Selain digunakan sebagai aksesoris yang bisa menambah keindahan mobil, adanya lampu juga sangat berguna untuk keselamatan berkendara. Karena lampu mobil sangat dibutuhkan ketika berkendara di kondisi jalanan yang minim cahaya, kondisi hujan, serta berguna sebagai pemberi sinyal atau tanda bagi pengguna jalan yang lain. Salah satu jenis lampu yang kerap digunakan pada mobil adalah bohlam LED (Light Emitting Diode). LED adalah komponen elektronik solid state, sehingga tahan terhadap guncangan dan mampu memiliki dimensi yang sangat kecil.

Pada mobil keluaran terbaru, jenis lampu LED memang terbilang sudah banyak digunakan. Namun belum digunakan pada mobil-mobil keluaran lama. Banyak orang yang melakukan modifikasi lampu mobil dengan menggunakan jenis lampu LED. Hal ini tentu membuat kita bertanya-tanya, apakah yang membuat mereka sampai melakukan hal demikian. Ternyata jenis lampu LED memiliki berbagai keunggulan jika digunakan sebagai penerangan pada mobil, dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Lantas apakah kelebihan yang dimiliki? Berikut ini diantaranya:

bohlam LED (Light Emitting Diode)

1. Lebih tahan lama.

Lampu LED menggunakan diode untuk menciptakan cahaya. Sehingga lebih awet dan tidak menghasilkan panas seperti pada lampu halogen, serta lebih hemat energi dan tidak merusak rumah lampu.

2. Lebih terang.

Dibandingkan dengan bohlam standar, lampu jenis LED memiliki pencahayaan yang lebih terang. Hal ini tentu akan memberikan kenyamanan yang lebih baik dalam berkendara. Di samping itu, tingkat kecemerlangan cahayanya ini juga sudah didukung dengan konsumsi daya listrik yang lebih kecil, sehingga cukup menguntungkan ketika digunakan sebagai lampu mobil Anda.

3. Konsumsi daya listrik (watt) yang lebih kecil.

Lampu LED hanya mengkonsumsi daya listrik separuh dari daya yang dikonsumsi oleh bohlam standar. Meskipun daya konsumsi listriknya sedikit, namun tingkat kecemerlangan cahaya yang dihasilkan relatif lebih baik dibandingkan bohlam biasa. Oleh karena itu, menggunakan lampu LED sebagai pengganti lampu utama mobil akan jauh lebih hemat penggunaan daya listrik dan pastinya juga sudah memberikan penerangan cahaya yang lebih baik.

4. Mudah untuk pemasangannya.

Hal ini dikarenakan untuk pemasangan lampu LED tidak memerlukan ballast seperti pada pemasangan lampu HID. Sehingga bisa dikatakan mudah dan sederhana jika Anda hendak mengganti lampu mobil dengan jenis LED.

5. Harga lebih terjangkau.

Untuk membeli bohlam lampu standar yang dijual di gerai resmi pabrik otomotif yang bersangkutan biasanya cenderung lebih mahal harganya. Oleh karena itu, banyak yang beralih menggunakan lampu LED lantaran lebih terjangkau, namun dari segi performa juga sudah sangat optimal.

Namun meskipun lampu LED memiliki sederet kelebihan, lampu jenis ini juga memiliki kekurangan dibandingkan dengan menggunakan bohlam standar, antara lain:

  1. Lampu LED dilengkapi dengan kipas untuk mendinginkan module. Sehingga ketika lampu dinyalakan, dari luar mobil akan sedikit bising dari suara kipas tersebut.
  2. Kurang bagus digunakan sebagai penerangan mobil di kala hujan karena tidak sebagus seperti bohlam H4 standart.
  3. Memiliki cahaya yang terlalu terang, sehingga bisa mengganggu pengguna jalan dari arah berlawanan karena menyebabkan buta sesaat.
  4. Karet penutup rumah lampu belakang tidak bisa terpasang kembali, atau jika ingin tetap terpasang maka harus memperbesar diameter lubang pada karet penutup tersebut.

Itu tadi sekilas mengenai kelebihan dan kekurangan bohlam LED sebagai lampu mobil. Bagi Anda yang ingin mengganti atau memodifikasi lampu mobilnya dengan jenis LED, sebaiknya pertimbangkan untung ruginya terlebih dahulu. Mengingat lampu mobil merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi sebagai keselamatan. Sehingga memang Anda perlu memikirkannya dengan matang-matang.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply