Internet, Life Style, Tips dan Trik

Cara Jitu Hemat Paket Data

January 28, 2019

Buyadalat – Anda merasa selalu boros paket data? Jika jawabannya iya, maka masalah yang anda hadapi bukanlah suatu hal yang aneh. Tidak hanya anda, banyak orang di luar sana yang merasa boros penggunaan paket data. Baru dibeli tiba-tiba paket internet sudah habis. Alhasil, anda harus beli lagi dan lagi yang artinya pengeluaran menjadi membengkak.

Kita semua tahu bahwa paket internet saat ini adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Seiring dengan perkembangan teknologi dan smartphone yang semakin canggih, kita juga semakin membutuhkan koneksi internet. Untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil itulah kita perlu membeli paket internet yang tepat.

Sebenarnya jika anda merasa pengeluaran untuk membeli paket internet terlalu besar, mudah saja anda tinggal menghemat penggunaan internet. Namun hal tersebut tidaklah semudah yang dibayangkan. Apalagi jaman sekarang bisa dikatakan bahwa hampir semua hal membutuhkan koneksi internet. Jadi, cukup sulit untuk menghemat penggunaan internet itu sendiri.

paket data

Hemat Paket Internet

Walaupun sulit tapi jangan khawatir. Anda tetap bisa menghemat penggunaan paket internet jika melakukannya dengan cara yang tepat. Kali ini kita akan membahas seperti apa tips-tips jitu yang bisa diterapkan agar anda bisa menghemat paket internet dan menghemat pengeluaran anda untuk memenuhi kebutuhan internet.

Berikut adalah 5 tips jitu untuk menghemat paket data yang bisa anda coba lakukan :

1. Nyalakan Peringatan

Agar anda bisa menghemat paket internet, maka anda perlu diingatkan. Seringkali kita boros penggunaan paket internet karena kita tidak sadar kalau sudah memakai terlalu banyak. Oleh karena itu, aktifkan mode peringatan penggunaan data di smartphone anda. Jika nanti penggunaan data melebihi status wajar maka anda akan diingatkan agar membatasinya.

2. Kurangi Penggunaan Aplikasi

Penggunaan aplikasi di smartphone menjadi faktor terbesar yang bisa menyebabkan paket internet berkurang. Jika ingin hemat paket internet, maka anda harus bijak dalam memakai aplikasi. Lebih baik hapus aplikasi yang jarang atau bahkan sama sekali tidak digunakan. Selain itu ketahuilah aplikasi apa yang menyedot paling banyak paket internet dan batasi penggunaannya.

3. Matikan Update Otomatis

Biasanya smartphone anda mengaktifkan fitur update otomatis. Lebih baik fitur ini dinonaktifkan saja. Update otomatis akan mengijinkan smartphone untuk melakukan update aplikasi begitu terkoneksi dengan internet. Akan jauh lebih baik jika fitur ini dimatikan dan lakukan update hanya jika smartphone terkoneksi dengan wifi.

4. Pilih Browser yang Tepat

Pilihan browser juga ternyata berpengaruh pada besar kecilnya kuota internet yang digunakan. Akan jauh lebih baik jika anda memilih jenis browser yang efektif dan tidak menyedot banyak kuota. Misalnya, anda bisa memilih memakai browser Opera Mini yang dikenal efektif dan sangat hemat kuota internet.

5. Pilih Offline pada Fitur Maps

Setiap smartphone biasanya memiliki aplikasi maps. Maps memang sangat bermanfaat bagi kita semua. Dengan adanya maps kita menjadi lebih mudah menemukan beragam jenis tempat tujuan saat sedang berpergian. Namun, supaya lebih hemat kuota, alangkah jauh lebih baik jika anda tidak menjalankan fitur maps secara online melainkan secara offline.

Itulah tadi 5 tips jitu yang bisa anda lakukan supaya bisa menghemat paket data. Perlu diketahui bahwa semakin anda bisa menghemat paket internet anda maka semakin hemat juga pengeluaran hidup bulanan. Dengan begitu anda bisa memenuhi kebutuhan lainnya tapi juga tetap bisa mengakses internet dengan lancar asalkan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply