Informasi, Otomotif

Daftar Oli Gardan Terbaik Untuk Motor

April 26, 2020

Daftar Oli Gardan Terbaik

Buyadalat – Setiap kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor membutuhkan komponen penting untuk mendukung performanya salah satunya yaitu oli gardan. Terdapat banyak pilihan daftar oli gardan terbaik yang bisa dipilih sesuai jenis kendaraan yang digunakan. Dengan penggunaan oli gardan yang tepat dapat melindungi komponen mesin kendaraan dari gesekan sehingga bisa mencegah kerusakan fatal dan transmisi akan menjadi lebih halus.

Hal ini dikarenakan oli gardan akan melumasi bagian transmisi otomatis agar gesekan yang terjadi akan lebih halus dan tidak menyebabkan kerusakan. Oli gardan harus diganti secara rutin agar tetap dapat bekerja sebagaimana fungsinya dan kendaraan akan lebih awet dan tahan lama. Biasanya akan terdapat tanda-tanda kapan oli gardan harus diganti.

Umumnya oli gardan harus diganti setiap 4 hingga 8 bulan sekali tergantung pada jenis kendaraan dan seberapa sering kendaraan dipakai. Kendaraan yang sudah menempuh jarak sekitar 8.000 km juga disarankan untuk mengganti oli gardan baik itu mobil ataupun motor. Namun bisa juga melihat dari faktor-faktor lainnya selain jarak tempuh dan jangka waktu.

Apabila suara kendaraan terdengar bising atau mendengung dari bawah, maka bisa saja diakibatkan karena gear mesin tidak dilumasi dengan baik sehingga terjadi pergesekan yang menimbulkan suara. Suara juga akan semakin keras apabila anda menambah kecepatan kendaraan yang artinya oli gardan yang digunakan tidak lagi kental sehingga transmisi otomatis tidak bisa bekerja dengan baik.

Kendaraan bergetar juga bisa dikarenakan tanda bahwa oli gardan harus segera diganti apalagi jika dirasakan pada jalanan menurun. Hal ini dikarenakan pelumasan yang terjadi menjadi tidak sempurna dikarenakan topang gardan tidak bisa lagi bekerja dengan baik. Mesin kendaraan juga akan terdengar kasar tidak seperti biasanya.

Setiap oli gardan memiliki kekentalan SAE 70 untuk mobil dan untuk motor matic biasanya sekitar SAE 140 atau SAE 90. Seiring berjalannya waktu, oli gardan akan mengalami penurunan kekentalan sehingga akan lebih encer dan terkontaminasi yang artinya perlindungan menjadi tidak maksimal dan sudah tidak layak pakai. Maka harus segera diganti dengan yang baru.

Untuk itulah penting untuk memeriksa oli gardan secara berkala agar tidak berakibat fatal pada motor maupun mobil dan juga bisa menjaga agar kendaraan tetap dapat beroperasi dengan baik. Penggantian oli gardan bisa dilakukan di bengkel terpercaya agar bisa merekomendasikan merk oli gardan yang sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan.

Rekomendasi Daftar Oli Gardan Terbaik 

Semakin berkembangnya dunia teknologi, saat ini sudah banyak perlengkapan untuk mobil dan motor bahkan untuk kendaraan lainnya sehingga dapat berfungsi dan bekerja dengan normal dan juga lebih awet dan tahan lama. Semuanya juga memiliki fungsi masing-masing dan juga canggih. Salah satunya yaitu oli gardan.

Saat ini sudah banyak produsen yang memproduksi berbagai pilihan oli gardan dengan komposisi yang berbeda-beda untuk memenuhi setiap kebutuhan kendaraan bermotor yang memiliki kualitas tinggi. Maka dari itu setiap kendaraan bermotor perlu memilih oli gardan yang tepat untuk mesinnya agar tidak berdampak buruk pada kendaraan.

Beberapa daftar oli gardan terbaik untuk motor yaitu Yamalube Gear Matic, Oli Gardan AHM Honda, Pertamina Enduro Gear, T.TRAAX Matic, STP Gear Oli Matic, Faito Gear Oil 90w, Castrol Scooter Gear Oil, dan VROOAM Scoot 75w-90. Untuk mendapatkan informasi harga dan produk oli gardan terbaik lainnya, anda bisa langsung mengunjungi www.Autochem.id.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply