Informasi, Otomotif

Guna Oli Gardan pada Mobil yang Perlu Diketahui

October 16, 2019

Buyadalat – Oli gardan adalah oli yang melumasi mesin transmisi kendaraan. Pasalnya, mesin kendaraan harus dirawat dan salah satu perawatannya adalah dengan mengganti oli. Kenapa harus oli gardan? Apa guna oli gardan pada mobil?

Oli gardan memiliki peranan vital dalam menjaga mesin tetap awet. Jika kalian tidak menggantinya dalam waktu lama, fungsi mesin bisa terganggu bahkan rusak. Untuk itu, sayangi mobil anda dengan mengganti oli gardan secara rutin.

Guna Oli Gardan pada Mobil

Fungsi Oli Gardan

Berbicara masalah fungsi oli gardan pada mobil, perlu diketahui bahwa oli ini termasuk elemen utama untuk perawatan mesin. Entah mobil yang kalian miliki baru atau tidak, perawatan mesin tetap harus dilakukan secara rutin.

Mengganti oli gardan secara berkala dan teratur akan membuat mesin tetap dalam kondisi bagus. Dengan melumasi semua komponen mesin, oli gardan membuat transmisi mesin berjalan lancar. Dengan harga terjangkau, oli gardan sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan mesin.

Kapan Harus Mengganti Oli Gardan?

Biasanya, pemilik mobil mengganti oli gardan antara 3 hingga 8 bulan sekali. Namun, patokan mengganti oli sebenarnya bukan pada lama waktunya melainkan faktor lain. Misalnya adalah jarak tempuh serta kondisi mesin itu sendiri.

Pertama, jika terdengar suara mendengung pada mesin, artinya itu adalah waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan. Suara mendengung tersebut adalah akibat dari final gear yang tidak terlumasi dengan baik.

Selain itu, kalian juga perlu mengganti oli gardan jika mobil terasa bergetar. Hal ini adalah karena oli gardan menaggung beban mobil yang terlalu berat. Akibatnya, getaran pada mobil terjadi. Jika ini terjadi, jangan tunda lagi, segera ganti oli gardan pada mobilmu.

Kemudian, jika oli gardan sudah terkontaminasi, maka saat kalian menggantinya. Perlu diketahui, kekentalan oli gardan mencapai SAE 70. Seiring waktu berjalan dan penggunaan yang semakin sering, oli gardan semakin encer dan terkontaminasi dan perlu diganti baru.

Cara Kerja Oli Gardan Membuat Mesin Mobil Bagus

Setelah mengetahui kegunaan oli gardan pada kendaraan, kalian juga harus tahu cara kerjanya. Saat menganti oli gardan, oli tersebut akan bereaksi langsung pada mesin. Alhasil, suara mesin menjadi lebih halus karena gesekan antar komponen di mesin lebih halus.

Oli gardan mempunyai proses yang detail pada mesin kendaraan. Misalnya adalah karat di logam pada komponen mesin hilang sedikit demi sedikit. Yang perlu kalian lakukan adalah mengganti oli gardan secara berkala dan teratur.

Perlu diketahui, oli gardan bisa mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan. Asap mobil akan semakin kotor jika oli tidak diganti dalam waktu lama. Bahkan warna asapnya pun tampak hitam. Agar asap knalpot bisa diminimalisir, kalian perlu menggantinya secara rutin.

Oli gardan juga membuat mesin menjadi dingin karena melumasi kontak gigi gardan ketika mengganti gigi sehingga prosesnya lebih mulus. Jika oli gardan tidak diganti cukup lama, pergantian gigi terasa kasar dan suhu mesin juga bisa sangat panas. Bahkan, bisa sampai mengeluarkan api.

Setelah tahu guna oli gardan pada mobil, kita harus menggantinya secara rutin. Lalu, di mana kita bisa mendapatkan oli ini? Oli gardan sudah diperjual belikan di berbagai toko. Bahkan, kalian bisa mengganti

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply