Informasi, Kesehatan

Info Tentang Ginjal Yang Sebaiknya Anda Tahu!

October 25, 2020

Buyadalat – Kesehatan merupakan harta berharga yang sama sekali luar biasa nilainya, tentu kita harus berupaya semaksimal mungkin menjaganya. Salah satunya adalah terus menggali informasi seputar kesehatan tubuh, seperti bagaimana cara menjaga kesehatan jantung, cara merawat paru-paru dan banyak hal lainnya tak terkecuali info tentang ginjal.

Kenapa ginjal? Karena ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting terhadap kesehatan. Tuhan memang memberi kita sepasang ginjal dan kita tetap bisa hidup meski dengan satu ginjal saja, namun  jangan berfikir untuk menyepelekan kesehatan ginjal apalagi mempunyai pandangan ‘toh kalau ginjal sakit masih ada ginjal cadangan’. Itu sebuah pandangan konyol yang tak patut diimplementasikan dalam kehidupan.

info tentang ginjal

Fungsi ginjal

Ginjal mempunyai fungsi untuk menyeimbangkan antara kadar mineral seperti fosfor, potassium dan sodium, dan kadar air dalam darah. Ginjal juga mempunyai fungsi untuk membuang limbah pada darah setelah aktivitas otot, pencernaan dan paparan akan zat kimia serta obat-obatan.

Ginjal juga mempunyai fungsi lain, yaitu untuk memproduksi rennin, yakni zat yang diperlukan tubuh untuk mengatur kestabilan tekanan darah. Ginjal juga akan memproduksi zat yang bernama erythropoietin, gunanya untuk membantu proses produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Ginjal juga berperan penting dalam pengaktifan vitamin D yang diperlukan tubuh untuk kesehatan tulang. Ginjal mempunyai fungsi yang sangat penting dalam tubuh, dia akan menyaring darah dengan diklus pengulangan berkali-kali setiap hari. Proses tersebut akan mengasilkan darah yang bersih, dan juga akan mengatur kadar air, garam dan mineral dengan jumlah sesuai yang diperlukan tubuh.

Beberapa penyakit pada ginjal

Beberapa penyakit ginjal berikut bisa menjadi gambaran betapa pentingnya organ tubuh yang satu ini, karena jika sudah sakit tentu bisa dibayangkan apa yang akan terjadi.

1. Penyakit ginjal kronis

Sudah pernah mendengar penyakit gagal ginjal? Gagal ginjal merupakan nama lain dari penyakit ginjal kronis. Ini terjadi ketika ginjal tak bisa lagi menyaring darah dengan sempurna, alhasil tubuh dipenuhi dengan racun dan bisa berakibat fatal.

2. Glomerulonefritis

Salah satu penyakit ginjal ini disebabkan adanya peradangan di glomerulus, dan peradangan Glomerulonefritis tersebut terjadi karena adanya infeksi bakteri atau adanya kelainan bawaan. Glomerulonefritis juga bisa terjadi akibat adanya efek samping dari penggunaan obat-obatan.

3. Kanker ginjal

Biasanya kanker ginjal ini dialami oleh orang dengan usia lanjut, penyakit kanker ginjal juga disebut dengan kasinoma sel ginjal. Kanker ginjal terjadi saat sel kanker tumbuh lalu menyebar ke filter kecil pada ginjal, dengan begitu fungdi ginjal untuk menyaring darah tak akan lagi sempurna.

4. Infeksi pada saluran kemih

Meski penyakit ini sebenarnya terjadi pada saluran kemih dimana adanya infeksi serangan bakteri pada saluran tersebut, namun jika tak segera diatasi maka biasanya akan menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih lanjut, salah satunya bisa mengakibatkan terjadinya gagal ginjal.

Sedikit informasi tentang ginjal di atas tentu akan memberikan gambaran betapa pentingnya organ ginjal. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, bisa dengan minum air putih dengan cukup, menjaga kestabilan tekanan darah, hingga menjaga kadar gula darah.

Namun jika dirasa itu belum cukup, anda bisa memberikan proteksi kesehatan bagi anda dan juga keluarga anda, asuransi penyakit kritis dari PFI Mega Life solusinya. Dengan produk perlindungan Mega Comforta yang akan mendampingi semisal anda terdiagnosa pertama kali gagal ginjal hingga 100% uang pertanggungan sesuai plan yang anda pilih. Semoga info tentang ginjal bermanfaat, semoga anda sehat selalu.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply