Berita, Informasi, Life Style

Kenali Lebih Jauh Manfaat Serta Fungsi Kartu Identitas Anak

December 15, 2018

Buyadalat – Mungkin beberapa tahun silam anak di bawah umur 17 tahun hanya akan mempunyai kartu pelajar sebagai identitas mereka. Namun kini pemerintah telah menetapkan kebijakan baru dengan adanya Kartu Identitas Anak (KIA). Lalu apa saja fungsi serta manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki kartu tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

kartu identitas anak

Pemenuhan Hak Anak

Setiap jiwa yang terlahir ke dunia tentu saja mempunyai hak dan kewajiban yang disandangnya sejak lahir. Terlebih lagi seorang anak, di mana pun ia berada dan dalam kondisi ekonomi apa pun mereka tetap mempunyai hak yang sama. Hak-hak tersebut meliputi hak perlindungan, hak pendidikan, serta hak akses kesehatan.

Dengan memiliki KIA, maka anak akan lebih mudah mendapatkan hak-haknya. Seperti hanya apabila orang tua berkeinginan untuk membelikan buku pelajaran bagi anak mereka, dengan adanya KIA maka harga yang harus dibayar akan berkurang jumlahnya.

Selain itu anak juga akan mendapatkan akses kemudahan atas pelayanan kesehatan di Puskesmas. Pun ketika anak ingin masuk ke salah satu sekolah yang ada di daerahnya. Saat ini KIA menjadi salah satu persyaratan untuk mendaftar sekolah anak.

Kartu Identitas

Saat seseorang menginjak usia 17 tahun, maka ia akan diwajibkan untuk memiliki kartu identitas resmi sebagai salah satu warga Indonesia atau biasa disebut dengan KTP. Namun kini anak yang berusia dibawahnya pun memiliki kartu identitas sendiri bernama KIA atau Kartu Identitas Anak.

Bila anak sudah menginjak usia 17 tahun dan ia diharuskan memiliki KTP, maka nomor yang tertera di sana juga sama dengan nomor yang tertera pada kartu KIA. Jadi proses pembuatan KTP yang biasanya memakan waktu lumayan lama sekarang menjadi lebih singkat.

Pembuatan Rekening

Jika di tahun-tahun sebelumnya rekening untuk anak dibuka dengan menggunakan nomor identitas orang tua mereka, namun kini anak-anak bisa membuka rekening mereka sendiri dengan adanya KIA tersebut.

Pembuatan Paspor

Selebihnya, Kartu Identitas Anak ini juga sangat berguna untuk pembuatan paspor di kantor imigrasi. Karena berfungsi seperti halnya KTP yang berisikan data keluarga serta alamat tempat tinggal, maka kemungkinan waktu pembuatan paspor  pun bisa lebih singkat.

Diskon Wisata Edukasi

KIA ini juga bisa dimanfaatkan oleh anak ketika berkeinginan untuk berekreasi ke museum, taman serta tempat edukasi lainnya. Mereka akan mendapatkan potongan harga untuk biaya masuk yang harus dibayarkan. Hal ini sangat menguntungkan karena selain membuat uang saku tidak berkurang banyak juga menark minat anak-anak untuk berkunjung ke wisata edukasi.

Karena begitu banyak fungsi serta manfaat yang bisa didapatkan, tunggu apalagi, segera daftarkan buah hati Anda untuk memiliki  Kartu Identitas Anak. Kini mereka pun bisa berbangga hati dengan kartu yang dimiliki dengan berbagai manfaat untuk memudahkan mereka dalam melakukan kegiatan sehari-hari.  

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply