Informasi, Properti, Tips dan Trik

Kenapa Harus Menyervis AC Minimal 3 Bulan Sekali?

October 29, 2018

Buyadalat – Mungkin Anda pernah bertanya-tanya, kenapa harus memanggil jasa service AC minimal 3 bulan sekali untuk menyervis AC Anda padahal sebenarnya AC Anda masih bagus? Jawabannya, apa Anda yakin AC Anda masih bagus? Ada alasan kenapa AC harus diservis minimal 3 bulan sekali. Bagi Anda yang tak tahu, simak penjelasannya berikut ini!

1. Menjaga AC agar Tetap Bersih dan Sehat untuk Lingkungan Sekitar

Alasan pertama kenapa AC harus tetap diservis minimal 3 bulan sekali meskipun sebenarnya AC masih dingin adalah untuk menjaga agar tetap bersih dan sehat untuk lingkungan di sekitarnya. Anda tentunya tak bisa melihat bakteri apa saja yang ada di dalam AC yang jarang diservis, kan?

Bisa saja bakteri yang berbahaya. Salah satu bakteri yang sering timbul di AC adalah bakteri legionnella. Bakteri ini bisa menyebabkan Anda terserang pheunomia dan peradangan pada paru-paru. Gejalanya seperti demam, batuk serta sesak napas. Anda mungkin tak menyadarinya. Namun, bakteri ini sangat berbahaya bila dibiarkan.

2. AC Lebih Awet dan Tahan Lama

Bila Anda ingin AC di rumah lebih awet dan tahan lama, maka servislah AC Anda dengan teratur minimal 3 bulan sekali. AC yang kotor dan jarang diberishkan akan memiliki kompresor yang berat. Hal ini akan menjadikan kinerjanya lebih berat dan memakan daya listrik lebih tinggi.

Kalau sudah begini, tentu saja kompresor pada AC Anda akan kotir dan cepat rusak. Sebenarnya, AC tetap bisa berfungsi dengan baik meski tak diservis 1 sampai 2 tahun ketika Anda membeli baru. Namun, bila di atas itu, gejala kerusakan akan lebih sering timbul pada AC Anda. Performanya juga akan menurun dan malah bisa tak dingin lagi,

3. Menghindari Kebocoran

Alasan lain kenapa Anda harus memanggil jasa service AC minimal 3 bulan sekali adalah untuk menghindari kebocoran. Eits, bukan hanya genteng saja yang bisa bocor, ya! AC Anda juga. Kebocoran pada AC bisa terjadi karena saluran pembuangan air AC mampet akibat ulah bakteri jahat, jamur, serta lumut yang mengendap di dalamnya.

Di sinilah tukang servis sangat membantu. Mereka akan membersihkan semua kekacauan di saluran pembuangan air AC tersebut. Bila Anda biarkan, endapan tersebut akan makin parah dan bisa menyebabkan berbagai bakteri jahat penyebab penyakit timbul. Bila sudah begini, terlambatlah untuk menyewa jasa servis AC untuk memperbaikinya.

4. Menghindari Servis Besar

Selain itu, servis 3 bulan sekali juga berguna untuk menghindari servis besar. Maksud servis besar ini adalah AC akan dibersihkan secara keseluruhan dan biasanya bagian indoor-nya harus dicopot dan dibersihkan di bawah. Jika sudah begini, tentunya dana yang dibutuhkan untuk melakukan servis jauh lebih besar ketimbang servis rutin.

Selain itu, servis besar ini juga tak menjamin AC Anda akan berfungsi seperti sediakala. Kenaoa? Sebab, beberapa bagian AC Anda bisa jadi sudah rusak parah dan terjadi penumpukan bakteri dan jamur serta lendir di dalam AC. Jika sudah begini, Anda sendirilah yang akan repot nantinya. Bisa jadi Anda malah butuh AC baru.

Nah, sudah tahu kan kenapa Anda harus memanggil jasa service AC minimal 3 bulan sekali? Sebenarnya, tidak harus juga, sih. Asal Anda bisa membersihkan AC sendiri, tak perlu juga sering-sering memanggil jasa ini. Kalau tak bisa, jangan memaksa! Hubungi saja sejasa.com untuk solusi terbaik mengatasi AC Anda yang bermasalah tersebut!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply