Bisnis, Informasi, Investasi, Keuangan

Mengenal Pengertian Reksadana Pendapatan Tetap Lebih Detail

November 18, 2018

Buyadalat –¬†Investasi bisa dijadikan pilihan cerdas bagi Anda yang tidak ingin pendapatan yang dimiliki menghilang begitu saja. Dari sekian banyak pilihan investasi maka reksadana pendapatan tetap bisa dicoba untuk mendapatkan keuntungan. Namun untuk bisa mendapatkan keuntungan tersebut tentunya Anda harus mengenali lebih detail tentang jenis reksadana ini.

reksadana pendapatan tetap
Gambar : moneycontrol.com

Pengertian Reksadana Jenis Ini

Hal pertama sebelum melangkah lebih jauh tentunya Anda harus mengetahui terlebih dulu tentang pengertian reksadana ini. Jenis investasi bisa dibilang merupakan alternatif investasi yang mulai disenangi oleh banyak masyarakat. Bagi yang belum, reksadana mampu memberikan keuntungan yang sanggup melebihi keuntungan yang ditawarkan oleh deposito.

Sederhananya reksadana jenis ini merupakan sebuah portofolio investasi yang berisi surat hutang atau lebih dikenal juga dengan obligasi. Lebih detailnya, reksadana ini minimal terdiri dari 80 persen surat hutang dan sisanya adalah produk pasar uang. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat investornya harus teliti dan juga waspada turun dan naiknya investasi.

Perbedaan dengan Deposito

Bagi mereka yang tergolong masih awam seringkali kesulitan dan juga tertukar untuk membedakan antara deposito dengan reksadana pendapatan tetap. Kedua hal tersebut memang sama-sama jenis investasi tapi tentunya tidak bisa disamaratakan begitu saja. Banyak sekali sisi yang kemudian membuat kedua jenis investasi ini terbilang cukup berbeda jauh.

Diawali dengan dana minimal yang berbeda karena deposito ditentukan oleh bank. Sedangkan untuk reksadana jenis ini, berada di kisaran Rp100.000,00. Perbedaan berikutnya berada pada jangka waktu yang tidak bisa disamakan satu sama lain. Seperti deposito yang jangka waktu pengambilan dananya beragam karena bisa 1 bulan, 3 bulan hingga satu tahun.

Sedangkan jangka waktu pencairan untuk reksadana jenis ini sendiri bisa dibilang bebas dan tidak terikat dengan jangka waktu. Sesuatu yang pastinya akan lebih memudahkan Anda sebagai investornya. Perbedaan terakhirnya adalah tingkat risiko yang saling berbeda. Bisa dibilang, untuk tingkat risiko maka reksadana yang memiliki risiko lebih tinggi daripada deposito.

Keuntungan yang Didapatkan

Tentu tujuan semua orang melakukan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan. Tidak terkecuali bagi Anda yang juga tertarik untuk melakukan investasi pada jenis reksadana ini. Apalagi bagi Anda yang tertarik untuk melakukan perbandingan hasil keuntungan antara deposito dengan reksadana jenis yang satu ini. Terutama jumlah besar yang didapatkan.

Perlu diketahui bahwa deposito sangat bergantung dengan BI rate yang sekarang berada di kisaran 4,75%. Jadi bisa dibilang, pendapatan dari deposito tidak terlalu jauh dari angka 4 hingga 5 persen. Sedangkan untuk reksadana ini, cicilan yang ditambah dengan bunga secara berkala adalah bentuk keuntungan yang bakal didapatkan. Tentunya dengan hasil yang lebih besar.

Mengetahui Risikonya

Investasi tentunya bukan hanya menawarkan keuntungan bagi Anda tapi juga membuat Anda harus siap dengan risiko yang ada. Tidak terkecuali untuk reksadana jenis yang satu ini. Ada beberapa risiko yang mesti ditanggung bila mau ikut di sini. Diawali dengan risiko seperti risiko keuntungan yang tidak pasti dan bahkan tidak menutup kemungkinan tidak mendapatkannya.

Risiko berikutnya adalah risiko likuiditas yang bisa menurunkan nilai investasi yang Anda lakukan. Hal ini pastinya akan langsung berdampak dengan memberikan kerugian langsung pada Anda. Terakhir, adalah risiko terjadinya inflasi yang sangat mempengaruhi jenis reksadana ini.

Dengan mengetahui lebih detail tentang reksadana pendapatan tetap seperti yang sudah dijelaskan di atas maka akan membuat Anda lebih mengerti mengenai maksud, keuntungan dan risikonya. Terutama mengerti bahwa reksadana ini bisa membawa keuntungan dan juga memiliki risikonya tersendiri sehingga bisa diperhitungkan lebih matang.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply