Informasi, Kesehatan

Pantangan Setelah Veneer Gigi yang Harus Dihindari

January 22, 2020

Buyadalat – Saat ini ilmu kedokteran gigi semakin berkembang. Berawal dari sekedar perawatan dasar seperti tambal, sampai adanya perawatan estetik gigi seperti veneer gigi. Seseorang yang memiliki masalah gigi gompal, rusak, ataupun patah biasanya melakukan perawatan ini untuk memperbaiki penampilan giginya. Ada juga orang yang menggunakan perawatan gigi ini untuk mengubah bentuk giginya menjadi lebih indah ataupun berbeda, seperti membuat gigi kelinci.

Saat Anda sudah memutuskan untuk melakukan veneer gigi, jangan lupa untuk menghindari pantangannya. Veneer gigi sendiri merupakan treatment yang diguakan untuk membuat gigi menjadi lebih putih, menutup gigi yang keropos, membuat gigi menjadi lebih rapi dan banyak lagi lainnya. Jika mengabaikan pantangan tersebut, akibatnya veneer gigi yang dilakukan menjadi tidak maksimal. Lalu apa saja yang menjadi pantangan setelah veneer gigi?

pantangan setelah veneer gigi

  1. Tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman dengan zat warna yang tinggi. Makanan dengan zat warna tinggi, seperti kopi, teh, wine ataupun alkohol. Minuman tersebut akan menyebabkan veneer gigi menjadi kurang maksimal sehingga gigi yang diveneer tidak cantik lagi. Jika ingin mengonsumsi minuman tersebut, harus berkumur lagi dengan air putih setelahnya supaya tidak menempel pada veneer gigi.
  2. Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu keras setelah melakukan veneer gigi, Anda wajib menghindari makanan yang keras karena hal itu bisa membuat hasil veneer di gigi Anda menjadi rusak, patah, bahkan sampai lepas.
  3. Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas. Hal itu akan memperbesar kemungkinan gigi menjadi terasa lebih ngilu.
  4. Anda harus bisa menjaga kesehatan gigi, jika gigi sudah diveneer bukan berarti harus bisa cuek dengan kesehatan gigi. Justru dengan melakukan perawatan ini, Anda harus memberikan perhatian ekstra pada kesehatan gigi Anda dengan rajin konsultasi ke dokter gigi kesayangan dan juga rutin melakukan pembersihan karang gigi. Karena sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi juga bisa membuat gigi veneer Anda terganggu bahkan rusak.
  5. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan gusi. Kesehatan gusi juga tidak kalah pentingnya dengan kesehatan gigi. Pasalnya gusi yang berdarah berakibat perubahan warna pada veneer gigi.
  6. Menyobek kemasan dengan gigi. Kebiasaan menyobek kemasan menggunakan gigi tidak hanya dilakukan oleh anak kecil namun orang dewasa pun ada yang memiliki kebiasaan buruk ini. Selain bisa membuat gigi bagian depan menjadi lebih maju, menggigit kemasan menggunakan gigi juga akan membuat veneer menjadi lebih cepat lepas.

Supaya veneer gigi ini menjadi awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya menghindari pantangan-pantangannya. Menghindari pantangan veneer gigi yang disebutkan di atas membuat kilaunya menjadi lebih lama sehingga tidak perlu datang ke dokter gigi lagi untuk melakukan veneer ulang.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply