Informasi, Otomotif

Pentingnya Ada Oli Transmisi Kendaraan Anda

November 6, 2019

Buyadalat – Layaknya fungsi sebuah oli, oli transmisi kendaraan Anda juga memiliki peranan penting. Pasalnya, oli ini tidak hanya melumaskan kendaraan, namun juga berpengaruh pada usia mesin kendaraan Anda. Selain itu, oli juga berguna untuk menghalangi timbulnya karat dan sebagai penghantar perpindahan otomatis pada transmisi motor matik. Lalu, seberapa pentingkah oli transmisi itu? Yuk, simak uraiannya berikut ini!

Fungsi Oli Transmisi Pada Mesin Kendaraan

Begitu pentingnya oli transmisi pada keberlangsungan mesin kendaraan hingga Anda harus menggantinya sebagai usaha preventif. Nah, berikut ini ada beberapa fungsi oli transmisi yang mungkin belum Anda ketahui, antara lain :

oli transmisi kendaraan anda

1. Menjaga Komponen Mesin Kendaraan

Anda mungkin kerap mendengar suara mesin Anda yang tiba-tiba berubah menjadi kasar dari biasanya. Nah, itu adalah salah satu tanda oli harus diganti. Jika tidak, tentu saja mesin akan mengalami gesekan lebih kasar dari hari ke hari. Itulah mengapa adanya oli transmisi mampu menjaga komponen mesin Anda.

2. Kinerja Mesin Meningkat

Mengganti oli mesin secara berkala akan mampu meningkatkan performa mesin. Hal ini karena zat yang terkandung dalam oli dapat membuat mesin terasa seperti “baru” lagi.

3. Mencegah Debu pada Mesin

Oli yang tidak diganti dapat menjadi kotor dan mengental sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada komponen transmisinya. Kerusakan demi kerusakan akan merembet antar komponen dan membuat debu mengotori mesin sehingga menyebabkan karat.

4. Mencegah Turun Mesin

Oli yang diganti juga akan mencegah terjadinya turun mesin pada kendaraan Anda. Turun mesin harus Anda hindari karena selain menyebabkan kerusakan yang parah, efek satu ini juga dapat menguras habis kantong Anda untuk penggantian seluruh komponen mesinnya.

Kesalahan yang Sering Terjadi pada Oli Transmisi

Setelah menyimak ulasan diatas, tentu Anda menjadi paham seberapa pentingkah oli transmisi kendaraan Anda. Tentu Anda sudah sadar bagaimana efek pada mesin kendaraan jika oli ini tidak diganti. Kesalahan terfatal adalah menurunnya performa mesin, perpindahan gigi yang berat, hingga munculnya bau terbakar pada mesin.

Namun terkadang, para pemilik kendaraan banyak yang mengabaikan hal-hal diatas. Mereka bertindak sesuka hati dan hanya fokus pada oli mesin dan tidak memikirkan oli transmisi. Oleh sebab itu, wawasan tentang pentingnya oli transmisi harus diberikan kepada para pengendara mobil.

Kesalahan kedua selain hanya memperhatikan oli mesin adalah para pengendara tidak bisa membedakan antara kualitas dengan jumlah oli yang mereka pilih. Mereka sering beranggapan jika oli transmisi yang masih banyak di mobil tidak memerlukan penggantian secara berkala.

Padahal, anggapan ini 100% salah. Pasalnya, jumlah dan kualitas suatu oli tidak berbanding lurus seperti yang selama ini dipikirkan. Oli yang banyak bukan berarti cukup berkualitas untuk melindungi mesin. Oli harus memiliki kualitas yang mumpuni untuk melindungi mesin dari gerakan antar gigi transmisi, bukannya hanya “banyak” saja.

Selain itu, pengendara juga sering salah dalam mengisi oli. Contohnya saja, oli transmisi CVT diisikan dengan oli transmisi torque converter. Tentunya, kedua fungsi oli ini sudah berbeda. Torque converter berguna untuk pergantian tuas gigi pada mobil matic sehingga perlu oli khusus, sedangkan CVT adalah teknologi maju. Oli ini tidak akan menimbulkan gesekan kasar pada kendaraan Anda. Nah, sudah berbeda bukan kedua transmisi diatas?

Nah, maka dari itu, sayangi kendaraan Anda dengan mengenali fungsi dan akibat dari penggunaan oli transmisi. Demikian ulasan mengenai oli transmisi kendaraan Anda. Semoga ulasannya bermanfaat.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply