Family, Informasi, Kesehatan, Parenting

Pentingnya Menghitung Kehamilan Bagi Kesehatan Ibu dan Janin

March 23, 2019

Buyadalat – Usia kehamilan memang harus dihitung secara akurat agar Anda mengetahui bagaimana kondisi kesehatan kandungan di setiap prosesnya. Pemantauan perkembangan janin ini harus terjamin demi bayi lahir sehat, kuat, dan cerdas. Untuk itu, inilah beberapa poin penting menghitung kehamilan demi kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan.

buyadalat-menghitung kehamilan

1. Mengoptimalkan Nutrisi Sejak Dini

Nutrisi sangatlah penting untuk menunjang tumbuh kembang janin sejak awal masa kehamilan. Jika kebutuhan nutrisi terpenuhi jenis dan porsinya, maka perkembangan anak akan optimal di setiap proses kehamilan. Agar pemantauan kondisi janin tersebut lebih mudah dipastikan secara optimal di setiap tahapnya, menghitung usia kehamilan memang harus dilakukan dengan tepat.

Penghitungan usia kehamilan tersebut bisa dilakukan sesuai dengan cara yang paling sesuai. Anda bisa memahami berbagai cara dan mempraktikkan metode yang sesuai demi hasil yang akurat. Keakuratan tersebut perlu untuk mengetahui nutrisi yang tepat bagi janin sesuai dengan usia kehamilan.

Kesehatan ibu juga penting diperhatikan. Setelah mengetahui usia kehamilan, perlu juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dengan porsi yang cukup untuk ibu dan bayi. Keseimbangan porsi antara jenis makanan yang satu dengan lainnya harus dilakukan. Mengonsumsi makanan juga harus tepat waktu tiga kali sehari. Hal ini dilakukan agar ibu tetap sehat dan kuat.

2. Mengetahui Perkembangan Janin Sejak Awal

Perkembangan janin sangat penting dan harus dijaga agar optimal. Mengetahui kondisi kehamilan secara pasti, termasuk usianya, tentu akan memudahkan dalam memantau perkembangan janin. Anda akanĀ  jauh lebih mampu dalam memperhatikan setiap proses perkembangan janin yang seharusnya ada. Jika penghitungannya tepat, maka perkembangan janin semakin terpantau.

Risiko kehamilan juga dapat diminimalisir karena bagaimanapun kondisi kesehatan janin akan tetap terpantau. Proses kehamilan jadi lebih lancar karenanya. Penghitungan usia kehamilan tersebut umumnya dalam kurun minggu.

3. Menjaga Stamina dan Sistem Imun

Menghitung kehamilan tentu saja penting demi menjaga stamina dan sistem kekebalan tubuh ibu. Jika tubuh ibu hamil selalu sehat dan kuat, maka janin yang ada dalam kandungannya akan tetap sehat juga kuat.

Berbagai risiko gangguan kesehatan dapat dicegah agar tidak mengganggu tumbuh kembang janin. Dengan mengetahui usia kehamilan, upaya memenuhi nutrisi dan menjaga pola istirahat jadi lebih tepat. Usia kehamilan bisa menjadi pedoman dalam menjaga stamina serta kekebalan tubuh sejak awal masa kehamilan.

4. Mengurangi Kegiatan

Ibu hamil bukan berarti orang sakit. Meskipun pada awal kehamilan mengalami berbagai perubahan fisik yang membuatnya lemas, namun kondisi tersebut akan membaik jika ditangani dengan tepat. Ibu hamil justru tetap harus beraktivitas agar tubuh aktif bergerak dan menjadi bugar. Kesehatan janin juga ikut terjaga karena perkembangan syarafnya semakin optimal.

Menjalankan aktivitas juga mampu membuat Anda merasa bahagia. Dengan demikian, Anda akan mengurangi stres dan membuat janin merasa nyaman karena ibu merasa bahagia. Akan tetapi, ingatlah untuk mengatur waktu istirahat. Kurangilah kegiatan yang membuat lelah. Dengan mengetahui usia kehamilan, kegiatan yang dilakukan bisa disesuaikan agar tidak membebani.

5. Stres Berkurang

Stres atau tekanan tentu berkurang jika Anda mengetahui kondisi kehamilan sejak awal masa kehamilan. Hal ini berkaitan dengan persiapan dan adaptasi untuk menghadapi kehamilan hingga persalinan nanti.

Mengetahui usia kehamilan sejak dini akan mempermudah dalam beradaptasi atas perubahan yang terjadi ketika hamil, baik itu perubahan fisik, maupun psikis. Dengan demikian, perkembangan janin terjamin dengan baik, tanpa mengalami risiko berarti akibat stres yang dialami ibu hamil.

Beberapa hal penting mengapa harus menjaga kehamilan sejak awal tersebut memang benar adanya. Tujuan akhirnya adalah agar perkembangan janin terpantau secara optimal. Anda harus menghitung kehamilan melalui metode yang paling akurat. Penghitungan tersebut bisa menggunakan cara manual ataupun alat medis.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply