Informasi, Kesehatan

Penyebab Cegukan Dan Bahaya Cegukan Jika Dibiarkan?!

April 2, 2020

Buyadalat – Cegukan adalah kondisi di mana seseorang mengalami gangguan yang terjadi karena masuknya udara ke paru-paru yang begitu cepat, hal ini membuat Diafragma yang memisahkan otot perut dan pernapasan mengalami kontraksi yang begitu cepat, pernapasan sangat bergantung pada kerja Diafragma itu sendiri. Cegukan bukan tidak memiliki penyebab, berikut saya akan menjelaskan penyebab dan cara menghilangkan cegukan serta hal apa saja yang dapat mengakibatkan kondisi berbahaya jika cegukan dibiarkan berlama-lama.

penyebab dan cara menghilangkan cegukan

Mengonsumsi makanan Pedas,

Cegukan dapat terjadi ketika kita mengonsumsi makanan pedas yang sangat pedas, bisa terjadi setelah mengonsumsi atau pada saat mengonsumsinya.

Mengonsumsi minuman berkarbonasi dan beralkohol,

Hal ini juga yang menjadi penyebab utama orang dapat mengalami cegukan, maka dari itu ada baiknya untuk mengurangi jumlah konsumsi untuk minuman ini.

Merokok,

Cegukan juga dapat menyerang orang yang sedang merokok, karena pada saat menghisap rokok pernapasan akan berkontraksi lebih cepat dari biasanya.

Menelan makanan dengan cepat,

Hal inilah yang menjadi penyebab terbanyak orang mengalami cegukan, katup pernapasan dan katup pencernaan yang terbuka begitu cepat secara bergantian dapat memicu udara masuk dengan begitu cepat hal inilah yang membuat kita dapat mengalami cegukan.

Cegukan biasanya hanya bersifat sementara namun ada beberapa orang yang dapat mengalami cegukan hingga 48 jam berturut-turut, hal ini tidak dapat dikatakan sebagai masalah yang sepele karena jika cegukan tidak kunjung berhenti hingga  2hari maka sistem pernapasan dan pencernaan akan terganggu, bukan hanya sistem pernapasan dan pencernaan saja ada beberapa faktor komplikasi yang dapat terjadi jika cegukan tidak ditangani, simak ulasannya berikut.

  • Gangguan sistem pencernaan,

Gangguan sistem pencernaan yang diakibatkan oleh cegukan yaitu Gastritis, Tukak Lambung, Pankreatitis, Kanker pankreas, Kanker lambung, Radang usus, dan Radang hati.

  • Gangguan Saraf,

Gangguan saraf juga dapat menyerang karena gangguan saluran pernapasan yang disebabkan oleh cegukan, serta dapat menimbulkan tumbuhnya tumor ataupun kista pada bagian leher.

  • Gangguan Pernapasan,

Gangguan pernapasan dapat berbeda-beda yang disebabkan oleh cegukan yaitu Tuberkolosis, Asma, dan Cedera dada.

  • Gangguan Jantung,

Cegukan dapat mengganggu sistem kerja jantung yang memompa darah ke seluruh aliran tubuh, karena cegukan yang memiliki guncangan yang meliputi pernapasan dan pencernaan maka detak jantung pun akan terganggu yang mengakibatkan detak jantung tak beraturan, hal yang lebih parahnya cegukan juga dapat mengakibatkan serangan jantung.

Nah bahaya cegukan jika dibiarkan dalam kurung waktu yang kama seperti di atas bukan semata-mata untuk menakut-nakuti saja tetapi memang benar bahwa cegukan juga dapat berakibat bahaya seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika cegukan tidak kunjung hilang selama beberapa jam atau hari maka kalian harus berani mengambil langkah untuk datang ke rumah sakit dan berkonsultasi dengan pihak medis untuk dapat memastikan apakah perlu penanganan intensif atau tidak. Namun biasanya jika dokter mengetahui cegukan yang kita alami sudah berangsur lama maka dokter akan melakukan pemeriksaan seperti tes darah, tes pencitraan, ekektrokardiografi(EKG), dan endoskopi. Hal ini dilakukan agar dokter dapat mengetahui ada kerusakan organ yang disebabkan cegukan atau tidak.

Nah itulah beberapa informasi seputar penyebab dan bahaya cegukan jika dibiarkan selama berhari-hari, semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kita untuk melakukan penanganan yang tepat pada cegukan agar tidak terjadi sesuatu yang berbahaya, terimakasih.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply