Informasi, Kesehatan

Perhatikan, Ini 6 Gejala Alergi yang Jarang Disadari 

July 26, 2019

Buyadalat – Gatal, batuk, dan bersin merupakan beberapa tanda alergi yang paling sering terjadi. Namun beberapa tanda tersebut juga sering kali dikaitkan dengan berbagai gejala penyakit lainnya yang membuat tanda alergi makin sulit untuk dikenali. Terlebih lagi jika Anda tidak tahu apa saja gejalanya. Nah berikut beberapa gejala alergi yang paling jarang disadari. Apa saja sih?

gejala alergi

1. Kombinasi Hidung Mampet dan Kulit Gatal

Kombinasi antara hidung mampet dan kulit gatal merupakan salah satu tanda alergi yang paling luput dari perhatian. Sebab biasanya kebanyakan orang yang mengalami alergi juga sering menderita sakit tenggorokan, kulit gatal, hidung mampet. Hingga sakit kepala. Bahkan ada juga beberapa penderita alergi lainnya yang mengalami batuk kering dan kesulitan saat bernapas.

Namun pada umumnya jika tanda ini merupakan gejala alergi biasanya akan datang dan pergi. Setiap tanda memang tidak memiliki ciri spesifik yang mengacu pada alergi. Namun bagi Anda yang mengalami gejala ganda dalam satu periode yang lama, maka pastikan Anda segera periksa diri ke dokter. Sebab bisa saja tanda tersebut merupakan tanda adanya alergi tertentu.

2. Kulit Iritasi dan Tubuh Bengkak 

Jika Anda mengalami ruam yang tak kunjung sembuh setelah mengonsumsi makanan tertentu, obat spesifik, dan kontak langsung dengan bahan iritan. Hal ini bisa menjadi pertanda jika Anda mengalami alergi. Raum yang berlangsung cukup lama hingga hitungan minggu dan muncul pada musim tertentu bisa menjadi salah satu tanda alergi yang tidak diketahui.

Pada umumnya raum ini akan terjadi pada area wajah, lengan, tangga, hingga seluruh anggota tubuh. Bahkan terkadang area tubuh lainnya juga akan bengkak seperti baru saja disengat lebah. Jika kondisi ini tidak kurun membaik dalam hitungan hari, maka pastikan Anda segera kunjungi dokter untuk mengetahui apa penyebab pastinya.

3. Mata Gatal dan Berair

Ternyata reaksi alergi juga bisa terjadi pada bagian mata juga lo. Salah satu tanda alergi lainnya yang paling umum terjadi pada area mata antara lain seperti mata berair dan gatal. Bahkan kebanyakan orang juga seringkali salah memahami kondisi ini dengan gejala mata kering atau mata lelah.

4. Flu dan Demam yang Tak Kunjung Sembuh

Bagi Anda yang merasa seperti terkena demam atau infeksi sinus yang tak kunjung mereda setelah pengobatan, maka hal ini bisa menjadi pertanda jika Anda menderita alergi. Kemunculan gejala tersebut bisa menjadi pertanda jika Anda mengalami alergi yang sangat buruk. Tak hanya itu saja, orang yang mengalami alergi juga sering mengeluh karena mengalami infeksi saluran bagian atas.

5. Gejala Hanya Terjadi Ketika Memasuki Gedung Tertentu

Jika gejala hanya terjadi ketika Anda memasuki gedung tertentu, maka bisa jadi jika Anda mengalami alergi indoor. Bisa jadi alergi ini disebabkan karena jamur atau debu. Sebab jamur, debu, dan binatang merupakan beberapa pemicu alergi lainnya yang sering terjadi. Bahkan pemicu alergi tersebut juga bisa terjadi di dalam ruangan.

6. Alergi Musiman

Jika alergi tersebut hanya dialami di waktu-waktu tertentu setiap tahunnya, maka dapat dikatakan jika Anda menderita alergi musiman. Beberapa gejala yang mungkin terjadi antara lain seperti ingusan, mata gatal, hingga tenggorokan sakit. Bahkan terkadang gejala ini juga disertai dengan tanda-tanda alergi lainnya yang sering terjadi.

Nah di atas merupakan beberapa gejala alergi yang paling jarang disadari. Jadi ketika Anda merasa ada tanda-tanda alergi, maka sebaiknya segera konsultasi dengan dokter sebelum gejalanya semakin memburuk dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply