Informasi, Kesehatan

RS Hermina Kemayoran: Inilah Beberapa Pantangan Bagi Ibu Hamil

February 13, 2020

Buyadalat – Saat hamil, konsultasi perkembangan janin dapat dilakukan di RS Hermina Kemayoran. Tidak hanya itu saja, hal ini guna mendapatkan program kehamilan yang memberikan manfaat kesiapan secara fisik kepada pasangan, mencegah terjadinya masalah kehamilan maupun melahirkan, mencegah bayi cacat ketika lahir, mencegah terjadinya infeksi pada bayi, mencegah bayi lahir dengan kondisi gangguan pada perkembangan dan pertumbuhan serta menurunkan resiko kanker dan diabetes tipe 2.

Ketika hamil dokter akan melakukan pemeriksaan badan dan memperhatikan idealnya berat badan yang naik, jika berlebihan maka akan meningkatkan resiko pada janin dan ibu terhadap masalah melahirkan. Perlu juga melakukan pemeriksaan tekanan darah untuk memastikan tekanan darah normal karena jika tinggi akan membuat keracunan pada kehamilan atau preeklampsia sebaiknya tekanan darah rendah. Pemeriksaan denyut jantung janin pada bulan ketiga untuk mengetahui tingkat normal perkembangan janin dan memperkirakan waktu persalinan, semakin detak jantung janin lebih cepat maka semakin cepat untuk melakukan persalinan. Pemeriksaan perut dan area panggul dengan cara meraba pada bagian tulang tubuh samping untuk memperhatikan jalan yang dilalui bayi berukuran normal ketika dilahirkan. Pemeriksaan bagian dalam dengan memasukkan dua jari tangan ke vagina biasanya menggunakan cairan pelumas untuk memeriksa saluran telur serta indung telur sehingga dapat diketahui kapan bayi akan lahir.

RS Hermina Kemayoran

Berikut adalah cara mengolah makanan ibu hamil:

  • Merebus sayuran dengan mengikutkan potongan daging dengan kematangan yang merata, pastikan daging berubah kecoklatan sehingga matang dengan sempurna, untuk memasak sayur gunakan metode blanching supaya vitamin pada sayur tetap terjaga dan tidak perlu menunggu lama.
  • Memanggang labu, kacang panjang, asparagus dan daging ayam menggunakan kompor maupun oven, potongan makanan harus rata sehingga akan memberikan tingkat kematangan yang sama dan nutrisi pada makanan tetap terjaga dengan suhu panggangan 220 derajat calcium selama 1 jam.
  • Menumis brokoli, tumis sapi dengan lada hitam, tuna pedas dengan menggunakan minyak zaitun, minyak kanola maupun minyak bunga matahari dan potongan makanan dengan ukuran yang sama sehingga tingkat kematangan lebih rata.

Selain itu dapat mengolahnya dengan mengukus sehingga akan menjaga larutan vitamin dalam air. Mengukus dilakukan dengan pinggan tanpa tutup dan meletakkannya pada pinggan dan menutupnya atau sering disebut sebagai mengetim. Metode menutup pinggan akan membuat makanan lebih lezat sehingga bumbu akan meresap dengan baik pada makanan. Dapat juga mengolah makanan dengan menggoreng tetapi hanya jika sedang diinginkan dan sebaiknya tidak menggunakan minyak yang sudah pernah digunakan untuk menggoreng karena memiliki lemak jahat tinggi.

Berikut adalah pantangan untuk ibu hamil diantaranya:

  • Ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan todak, makarel, hiu, tuna bigeye yang dapat mengganggu perkembangan otak bayi.
  • Sushi menggunakan makanan mentah yang jika dikonsumsi masih memiliki cacing parasit dalam dagingnya karena makanan mentah tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.
  • Steak setengah matang karena mengandung parasit yang berbahaya dan menganggu janin sehingga masaklah daging hingga tidak terdapat cairan merahnya.

Selain itu, telur tidak matang memiliki bakteri salmonell yang dapat menginfeksi janin sehingga akan menyebabkan ibu hamil mengalami muntah dan diare. Masalah ini juga dapat menyebabkan keguguran walaupun jarang terjadi. Susu dan jus buah yang tidak dipasteurisasi karena dapat menyebabkan keracunan karena adanya bakteri didalamnya sehingga kesehatan ibu hamil tetap terjaga. RS Hermina Kemayoranmenyarankan ibu hamil untuk tidak mengonsumsi vitamin A dan minyak ikan.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply