Family, Life Style, Tips dan Trik

Tips Cermat Memilih Sabun Deterjen Bayi yang Aman Bagi Kulit

March 8, 2020

Buyadalat – Kondisi kulit bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat lembut dan cenderung sensitif. Itulah sebabnya anda harus lebih teliti ketika memilih produk sabun atau deterjen pakaian. Pasalnya, salah pilih produk dapat menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit bayi. Untuk itu sebaiknya untuk memilih produk khusus bayi mulai dari sabun bayi hingga deterjen bayi.

Tips Memilih Deterjen Bayi

Deterjen khusus bayi umumnya bebas dari bahan aditif serta tidak menggunakan pewangi sintetis melainkan bahan alami seperti ramuan herbal untuk mengharumkan pakaian. Deterjen khusus bayi juga diformulasikan dengan pelembut yang aman sehingga tidak merusak serat pakaian serta mencegah pakaian bayi terasa kasar. Namun anda juga tetap harus teliti dalam memilih deterjen bayi. Berikut tips memilih deterjen bayi yang harus diperhatikan.

deterjen bayi

1. Lebih Baik Gunakan Deterjen Cair

Deterjen bayi berbentuk cair sangat tepat untuk kulit bayi karena memiliki sedikit busa. Selain itu mempunyai kemampuan membersihkan kotoran lebih baik karena berhasil masuk lebih dalam ke serat kain. Apabila anda menggunakan deterjen biasa sebaiknya pergunakan dalam bentuk cair karena mudah dibilas dan efektif membersihkan kotoran. Hindari menggunakan deterjen bubuk karena serpihannya cenderung tertinggal pada kain sehingga menyebabkan iritasi.

2. Pilih Tanpa Zat Pewangi (Fragrance-Free)

Jika memungkinkan, pilih deterjen yang bebas dari pewangi buatan. Hal ini berbeda dengan tanpa aroma wangi (unscented). Bebas pewangi berarti deterjen bayi tersebut bebas dari semua zat pewangi. Sementara, deterjen yang tidak wangi bisa jadi wewangian tersebut telah ditutup. Menghindari deterjen fragrance-free membantu mengurangi alregi pada kulit bayi karena kita tidak tahu bahan kimia apa yang digunakan untuk membuat wangi tersebut.

3. Tidak Mengandung Bahan Penyebab Alergi

Jika bayi memiliki alergi terhadap suatu zat tertentu, pastikan untuk memperhatikan komposisi deterjen sebelum membelinya. Bahan-bahan tertentu seperti soda api dapat memicu reaksi gatal-gatal pada kulit bayi. Karena itu, pilih deterjen yang kadar soda apinya rendah.

Ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu jika terlihat ada gejala alergi yang muncul pada bayi. Selain mewaspadai soda api dan memilih yang kandungan soda apinya paling rendah, sangat dianjurkan untuk memilih deterjen yang tidak mengandung parfum dan sedikit busa saja.

4. Lakukan Tes Alergi Terlebih Dahulu

Alergi kulit pada bayi umumnya ditandai dengan warna kulit yang memerah dan terasa gatal. Dalam membeli deterjen khusus bayi, usahakan tidak langsung membeli ukuran besar. Belilah dalam bungkus kecil dulu dan pergunakan untuk mencuci sekali atau dua kali. Apabila kulit bayi tidak mengalami masalah, anda dapat meneruskan penggunakan deterjen tersebut. Jika dirasa kulit bayi aman, barulah anda bisa membeli kemasan dalam ukuran besar.

5. Punya Klaim “Hypoallergenic”

Ini berarti pabrik mengklaim deterjen tersebut kecil kemungkinan memberikan reaksi alergi pada bayi daripada yang tidak menggunakan label. Tetapi, karena FDA tidak mengatur penggunaan istilah “hypoallergenic,” sehingga tidak ada jaminan deterjen ini aman digunakan untuk bayi dengan kulit sensitif.

Untuk memudahkan anda berbelanja, anda bisa membeli sabun deterjen bayi melalui Blibli.com. Tersedia berbagai merk deterjen bayi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan bahkan harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Anda bisa memanfaatkan banyak promo menarik lainnya yang diberikan oleh Blibli.com untuk menghemat pengeluaran.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply