Kecantikan, Kesehatan, Tips dan Trik

Tips Perawatan Wajah yang Tepat untuk Tipe Kulit Sensitif

January 28, 2019

Buyadalat – Kulit sensitif memang berbeda perawatannya dengan kulit normal. Jika Anda memiliki tipe kulit sensitif kemungkinan besar kulit tidak bisa menerima semua unsur yang ada dalam produk perawatan wajah. Sehingga rentan beruntusan, jerawat, dan beberapa masalah kulit lainnya. Oleh karenanya, Anda harus tepat memilih perawatan untuk kulit sensitif.

perawatan wajah

1. Pilih Produk Perawatan Berlabel Hypoallergenic

Jika tipe kulit wajah Anda sensitif sebaiknya pilih produk perawatan yang berlabel hypoallergenic yakni produk yang memiliki bahan-bahan aman dan mampu meminimalisir timbulnya alergi serta iritasi di kulit. Dengan formulasi ini bisa membuat kulit Anda yang sensitif tidak mudah terganggu terhadap produk perawatan tersebut.

2. Gunakan Moisturizer yang Mengunci Kelembapan Alami

Kulit sensitif sebagian besar juga rentan berjerawat. Sehingga agar aman Anda gunakan moisturizer guna mengunci kelembapan kulit. Selain itu hindari rich moisturizer karena bisa membuat kulit hidrasi berlebih. Hal ini akan membuat kulit Anda mudah berminyak dan berjerawat serta kotoran mudah menempel ke area jerawat tersebut.

3. Minum Air Lemon Setiap Hari

Selain baik untuk kesehatan secara umum, ternyata lemon juga bagus untuk kulit. Anda bisa menyeduh lemon dengan air hangat dan meminumnya secara rutin. Ada sebuah penelitian menyebutkan kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon sangat tinggi sehingga bisa mmbantu melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Selain itu, air lemon bisa membantu untuk menghilangkan racun dalam darah. Hasilnya kulit akan tampak bersinar dan bebas dari berbagai masalah kulit. Anda hanya mengonsumsi jus lemon hangat setiap hari. Jika suka sedikit manis Anda bisa menambahkan madu murni.

4. Pakai Sunscreen

Tabir surya memang sangat penting untuk melindungi kulit sensitif dari sinar UV yang berbahaya. Anda sebaiknya menggunakan tabir surya tiap kali keluar rumah. Bahkan dari penelitian di dalam rumah juga lebih aman jika Anda menggunakan sunscreen. Aplikasi sunscreen sebaiknya cari yang memiliki SPF 30 dan oleskan 20 menit sebelum keluar rumah.

Jika pada siang hari Anda ingin keluar rumah, maka sebaiknya gunakan baju lengan panjang dan menutupi kulit dari sinar UV. Anda juga bisa dengan mengenakan topi agar sinar UV tidak langsung mengenai kulit wajah Anda. Perawatan wajah ini harus dilakukan dengan konsisten untuk hasil yang optimal.

5. Bersihkan Kulit Dengan Susu

Susu murni memang memiliki kandungan anti-inflamasi sehingga bisa merawat kulit kering dan gatal. Selain itu, susu bisa menjaga kulit sensitif agar tetap lembap dan memberbaiki sel kulit. Oleh sebab itu, Anda bisa merendam kapas di dalam susu dan oleskan pada kulit. Diamkan selama 5 hingga 15 menit agar meresap kemudian bilas dengan air hangat.

6. Eksfoliasi Kulit Mingguan

Regenerasi kulit dan gantinya sel-sel kulit yang mati sangat penting. Peningkatan proses pembaruan kulit sekaligus memperbaiki tekstur kulit adalah fungsi eksfoliasi. Paling tidak Anda harus melakukan perawatan eksfoliasi dengan scrub wajah. Jika Anda rajin melakukan eksfoliasi maka kulit akan bisa memperbaiki teksturnya dan semua produk menjadi mudah diserap kulit.

Cara untuk mengelupas kulit yakni dengan membuat masker pengelupas dari bahan alami. Lalu, Anda bisa mengaplikasikannya di seluruh wajah dengan gerakan memutar. Lakukan scrub dengan lembut agar jaringan kulit Anda tidak rusak.

Perawatan wajah memang sangat populer karena mampu membuat kulit menjadi semakin sehat dan terlihat glowing. Namun bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya lebih memilih dan memilah produk untuk digunakan perawatan dalam jangka panjang. Rekomendasi yang tepat yakni Anda bisa menggunakan Kiehls untuk kulit sensitif Anda.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply